Home Berita LBB Tangsel Sambut Gembira Raperda Budaya

LBB Tangsel Sambut Gembira Raperda Budaya

0

Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kota Tangerang Selatan tentang Pelestarian Budaya Betawi masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propperda) 2018 yang diinisiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangsel.

Mengemukanya Raperda tersebut disambut gembira sejumlah elemen masyarakat, di antara tergabung dalam Lembaga Budaya Betawi (LBB) Kota Tangerang Selatan.

Keberadaan regulasi itu nantinya dapat melestarikan budaya tradisional daerah dengan menjadi acuan setiap kebijakan dan program pemerintahan.

“Sangatlah perlu disahkannya Perda budaya di Tangerang Selatan mengingat selama ini kebijakan-kebijakan yang kerap timbul, sering berlawanan dengan kearifan lokal yang ada,” ujar Sekretaris LBB Tangsel, Abdul Rahman Silkomplek.

Penggiat seni dan budaya dari LBB, Abdul Karim sangat mengapresiasi inisiasi DPRD terkait raperda budaya tersebut dengan harapan dapat menjadi Perda.

Pihaknya, sambung Bang RT Karim,  demikian biasa disapa, mengusulkan beberapa hal bisa diakomodir dalam Raperda Budaya. Di antaranya, Corak Batik Tangsel disesuaikan dengan kearifan lokal yang ada, Lenong Sebagai Icon budaya Tangsel, Seni Tari sesuai dengan sejarah yang ada di Tangsel dan Ondel-ondel khas Tangsel. “Juga Kuliner Khas Tangsel,” imbuhnya.

Ditegaskannya, penting Perda nantinya melestrikan seni, budaya, sejarah hingga filosofi Kota Tangsel.

Sebelumnya anggota DPRD Tangsel, Syihabuddin Hasyim memastikan Raperda pelestarian budaya bisa segera dibahas, karena setelah diiniasi pihaknya melengkapinya dengan naskah akademik. “Komisi III dan teman-teman di DPRD lainnya menginisiasi Raperda ini dan sudah menyiapkan Naskah Akademiknya, sehingga bisa langsung dibahas,” bebernya. (Kor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here