Home Berita Tangsel Siapkan 29 Ambulance dan 5 Posko Kesehatan

Tangsel Siapkan 29 Ambulance dan 5 Posko Kesehatan

0

Mengantisipasi adanya kendala medis bagi masyarakat yang akan menjalani mudik lebaran, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyiapkan setidaknya 29 mobil ambulance dan 5 Posko Kesehatan di sejumlah lokasi.

Kepala Dinkes Kota Tangsel, Suhara Manulang mengatakan, pihaknya siap dalam menghadapi arus mudik maupun arus balik Lebaran tahun 2018, khususnya dengan memastikan tersedianya pelayanan medis bersiaga di beberapa titik untuk mengawal perjalanan para pemudik.

“Kami sudah siap, posko-posko kesehatan akan dikomandoi oleh dinkes, kami juga mengerahkan tenaga dokter dari Rumah Sakit dan Puskesmas,” kata Suhara.

Suhara melanjutkan, nantinya akan disiapkan lima posko kesehatan yang masing-masing posko tersebut akan dijaga oleh satu orang dokter umum, dua perawat, dan satu unit mobil ambulance yang siap mengantar atau menjemput pemudik yang membutuhkan pelayanan medis lanjutan.

“Kita sudah membuat jadwal, ada 29 Puskesmas yang siap membackup, posko yang dibuka ada lima diantaranya dii Pamulang Square, Flyover Ciputat, WTC, dan Giant Bintaro atau Pasar modern, dan dekat kantor Polres yang lama (Jalan Boulevard Bintaro),” jelasnya.

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer Dinkes Tangsel, Ardi Purnawan menambahkan, Posko kesehatan akan mulai dibuka sejak H-4 hingga H+9 perayaan hari raya Idul Fitri.

“Mulai H-4 sampai H+9 Posko kesehatan akan mulai dibuka, kita juga sudah menyiapkan 43 mobil ambulan Puskesmas, 29 Puskesmas, dan 9 RS rujukan dan posko ini hanya melayani kesehatan dasar,” ujar Ardi, Senin (28/5/2018).

Selama periode libur lebaran, lanjut Ardi, ruang rawat inap Puskesmas dan Instalasi Unit Gawat Darurat (UGD) RS tetap buka 24 jam penuh. Diketahui, saat ini sudah ada 20 Puskesmas yang telah memiliki fasilitas rawat inap pasien.

“Selain posko, kita juga akan melakukan pemeriksaan rutin kepada pengemudi atau sopir bus, jadi kita akan jemput bola ke agen PO bus yang ada di Tangsel, kita periksa kesehatan sopirnya,” tukasnya. (Ban)