Home Berita Sukseskan Angkutan Lebaran 2018, Bandara Soetta Lengkapi Fasilitas Pelayanan

Sukseskan Angkutan Lebaran 2018, Bandara Soetta Lengkapi Fasilitas Pelayanan

0

Bandara Internasoinal Soekarno-Hatta (Soetta) mempersiapkan diri dengan fasilitas-fasilitas layanan baru dalam rangka menyambut momen persiapan angkutan lebaran 2018.

Sebagai bentuk kesiapan adalah dihadirkannya fasilitas-fasilitas seperti Mobile Assistance Check-In di Terminal 1C, selain berfungsi untuk memberikan pelayanan kepada para pengguna jasa, kali ini Customer Service juga akan dibekali dengan mobile printer yang dapat digunakan untuk mencetak boarding pass penumpang.

Selain itu, juga disediakan self check-in kiosk untuk memudahkan penumpang melakukan proses check-in serta mengurangi antrian di check-in counter konvensional.

Penambahan fasilitas juga dilakukan di Terminal 3. Saat ini telah tersedia lokasi penjemputan penumpang dengan format drive thru.

Hal ini akan semakin mempermudah penumpang untuk melakukan proses penjemputan di Terminal 3 tanpa perlu masuk kedalam gedung parkir. Untuk angkutan lebaran 2018, fasilitas drive thru ini akan beroperasi mulai pukul 16.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB.

Arus mudik dalam angkutan lebaran 2018 ini diprediksi akan mengalami peningkatan sebesar 10 persen dibandingkan tahun lalu dari sebelumnya 5,7 Juta penumpang pertahun menjadi 6,3 Juta penumpang per tahun. Sehingga persiapan layanan angkutan lebaran 2018 sudah harus dipersiapkan dengan matang.

“Setiap tahunnya, kami selalu berkomitmen untuk terus menjaga standar pelayanan. Tidak terkecuali pada tahun ini. Walaupun jumlah penumpang diprediksi akan meningkat, AP II selalu siap untuk turut serta mensukseskan angkutan lebaran 2018,” ujar Muhammad Awaluddin, Selasa (5/6/2018).

Disamping itu, pada hari ini Menteri Perhubungan turut menyempatkan diri untuk berkunjung dan melakukan inspeksi ke ruang Airport Operation Control Center (AOCC).

Fasilitasi yang memiliki fungsi untuk mengawasi operasional sisi udara dan sisi darat bandar udara ini rencananya juga akan difungsikan pada angkutan lebaran 2018.

Adapun pengembangan tahap pertama AOCC akan dilengkapi dengan tiga fitur layanan, yakni FEMS-Facility Enginering Manajemen System, FARMS-Facility Airport Resources Management System, dan Airport Security System.

Secara garis besar, kehadiran AOCC berfungsi sebagai pusat koordinasi antara airport operator, airline operator, air navigation, serta karantina, bea cukai, imigrasi, dan kepolisian.

Diharapkan dengan semakin lengkapnya fasilitas yang hadir di Bandara Internasional Soekarno-Hatta ini mampu memberikan pelayan yang semakin optimal kepada stakeholder bandara serta semakin meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan di bandara. (Rmt)