Home Berita Komisi V DPR RI Minta Bandara Soetta Samakan Sistem Drop Off di...

Komisi V DPR RI Minta Bandara Soetta Samakan Sistem Drop Off di Semua Terminal

0

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Sigit Sosiantomo meminta PT Angkasa Pura II untuk menyamakan sistem drop off penumpang di seluruh Terminal Bandara Internaisonal Soekarno-Hatta (Soetta).

Menurut Senator dari Partai Keadilan Sejahtera ini, terdapat perbedaan sistem drop off penumpang antara Terminal 1 dengan Terminal 2 dan 3. Sehingga sering terjadi antrean panjang di pintu masuk terminal 1.

“Saat ini kan akan mengahadapi arus mudik, saya lihat terminal satu sangat macet, karena adanya pemberlakuan pembayaran bagi kendaraan yang masuk ke terminal satu. Padahal, mereka hanya melakukan drop bukan parkir,” ujar Sigit usai mengecek kesiapan sarana dan prasarana Bandara Soetta dalam rangka kesiapan angkutan lebaran pada Kamis (7/6/2018).

Diketahui, setiap kendaraan penumpang yang akan berangkat maupun yang datang melalui Terminal 1 harus masuk ke area parkir. Setiap kendaraan yang masuk ke area parkir dikenakan tarif parkir.

“Untuk Terminal 1 ambil tiket, harus bayar. DI Terminal 3 drop aja. Kenapa gak disamakan?. Padahal kan satu Bandara,” kata Sigit.

Ia pun meminta agar hal ini tidak menghambat arus mudik dan balik di Terminal khususnya di Terminal 1.

“Ini jangan sampai menghambat arus mudik dan balik lebaran nanti, karena macet saja. Harusnya kalau kendaraan yang drop tidak perlu dikenakan biaya, jangan disamakan dengan yang parkir,” ujar Sigit.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi terkait hal drop off tersebut.

“Kalau terminal dua dan tiga sudah tidak ada pembayaran masuk kendaraan untuk yang melakukan drop, karena sudah dua level dengan keberangkatan diatas dan keberangkatan dibawah. Sementara, kalau terminal satu masih satu level dimana kedatangan dan keberangkatan masih dalam satu jalur, maka dari itu masih berbayar, tapi akan kita evaluasi,” jelasnya. (Rmt)