Home Berita Layani Calhaj Indonesia, 20 Konter Imigrasi Arab Saudi Disiapkan di Bandara Soetta

Layani Calhaj Indonesia, 20 Konter Imigrasi Arab Saudi Disiapkan di Bandara Soetta

0

Kloter pertama calon Haji (Calhaj) embarkasi Jakarta melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) akan diberangkatkan mulai besok, Selasa (17/7).

Keberangkatan Calhaj dari Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Lampung melalui Bandara Soetta pada tahun ini lebih dipermudah daripada tahun lalu.

Dimana, clearance pasport atau stamp pasport Calhaj oleh Imigrasi Arab Saudi dilakukan di Bandara origin (asal negara) yakni di Bandara Soetta.

Sejumlah fasilitas pun disiapkan di Sentra Koridor Terminal 2 E Bandara Soetta. Diantaranya konter khusus Imigrasi Arab Saudi.

Pantauan tangerangonline.id pada Senin (16/7/2018) di Sentra Koridor Kedatangan Terminal 2E Bandara Soetta terdapat sebanyak 20 konter khusus Imigrasi Arab Saudi siap digunakan.

Tampak disetiap konter tersebut terdapat bendera negara Arab Saudi berukuran kecil. Pada masing-masing konter terdapat 2 set komputer dan juga 2 unit Kamera digital.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kurang lebih 100 orang petugas Imigrasi Arab Saudi akan ditempatkan di Bandara Soetta.

Nantinya, setiap Calhaj yang sudah dilakukan clearance pasport akan diberikan hologram khusus pada ID pengenal Calhaj tersebut.

Sehingga, ketika tiba di Tanah Suci, paspor para Calhaj Indonesia tidak lagi diperiksa oleh Otoritas negara setempat. Cukup dengan menunjukkan hologram khusus tersebut, para Calhaj dapat keluar dari Bandara tujuan yakni Jeddah maupun Madinah.

Diberitakan sebelumnya, proses keberangkatan jamaah Haji 1439 H melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana, pengesahan paspor para jamaah oleh otoritas negara tujuan dilakukan sebelum meninggalkan tanah air. (Rmt)