Home Berita Progres Pembebasan Lahan Runway 3 Bandara Soetta

Progres Pembebasan Lahan Runway 3 Bandara Soetta

0

Pembebasan lahan Runway 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) telah mencapai 75 persen dari total bidang yang dibutuhkan. Total nilai ganti kerugian tanah yang telah digelontorkan mencapai Rp 2,359 triliun lebih.

Hal itu dikatakan oleh Ketua Tim Pembebasan Tanah Bandara Soetta, Bambang Sunarso. Ia menyebut, Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2015 telah terserap 100 persen.

“Data terakhir hingga Kamis (19/7) kami telah membayarkan ganti kerugian sebesar Rp. 2,359 triliun lebih. Total tersebut termasuk nilai ganti kerugian yang dikonsinyasi ke PN Tangerang,” kata Bambang kepada tangerangonline.id di Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (20/7/2018).

Diketahui, untuk biaya ganti kerugian lahan Runway 3 Bandara Soetta, PT Angkasa Pura II memperoleh PMN sebanyak Rp 4 triliun. Dengan rincian Rp 2 Triliun diperoleh pada tahun 2015 dan tahun 2016 sebesar Rp 2 Triliun.

Bambang menyebut, dana yang sudah tersedia itu cukup untuk pengadaan tanah Runway 3 Bandara Soetta. Adapun tanah yang telah dikuasai dengan luas 161,67 hektare dari total yang dibutuhkan seluas 216 hektare.

“Dananya cukup. PMN tahun 2016 baru terserap 18 persen. Saat ini tanah yang belum dibebaskan kurang lebih 54 hektare,” jelasnya.

Menurut Bambang, progres pembebasan lahan terus berjalan. Pihaknya tengah memproses bidang lahan yang terdampak untuk dilakukan pembayaran dan penyelesaian.

“Terus berjalan, mulai dari pemberkasan hingga dilaksanakan musyawarah. Bagi pemilik lahan yang sudah menyetujui nilai ganti kerugian, akan segera dilakukan pembayaran,” ujarnya. (Rmt)