Home Berita Patut Dicontoh, Pemilik Serahkan 2 Ikan Aligator Kepada BKIPM Bandara Soetta

Patut Dicontoh, Pemilik Serahkan 2 Ikan Aligator Kepada BKIPM Bandara Soetta

0

Dua ekor ikan jenis Aligator diserahkan secara sukarela oleh pemiliknya kepada Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jakarta I Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Ikan tersebut termasuk dalam jenis berbahaya atau invasif.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala BKIPM Jakarta I, Habrin Yake.

“Kami menerima penyerahan ikan berbahaya jenis aligator sebanyak 2 ekor. Ikan ini diserahkan langsung secara sukarela oleh pemiliknya,” kata Habrin kepada tangerangonline.id di Bandara Soetta, Tangerang, Senin (30/7/2018).

Ikan bersifat invasif tersebut saat ini ditampung di Instalasi BKIPM Jakarta I Bandara Soetta. Nantinya, kedua ekor ikan masing-masing dengan panjang kurang lebih 1 meter ini akan diserahkan kepada lembaga konservasi.

“Ikan ini sementara kami tampung di Instalasi, nantinya akan diserahkan kepada lembaga konservasi untuk keperluan edukasi,” terang Habrin.

Sementara itu, sang pemilik ikan, Fahd Noor (32) mengaku, dirinya mengetahui ikan peliharaannya tersebut tergolong berbahaya dari media online. Ia pun memutuskan untuk melaporkan hal itu kepada petugas BKIPM Jakarta I.

“Saya tahu informasinya dari media online. Saya memutuskan untuk menyerahkan secara sukarela,” kata ujar warga Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan ini.

Seperti diketahui, sejak awal Juli 2018 BKIPM Jakarta I menghimbau kepada pemilik ikan yang bersifat invasif seperti Arapaima Gigas, Aligator beserta ikan sejenisnya agar menyerahkannya secara sukarela.

Bahkan pihak BKIPM Jakarta I membuka posko untuk ikan yang bersifat Invasif di Bandara Soetta. Posko tersebut akan berakhir besok atau pada Selasa, 31 Juli 2018. (Rmt)