Home Bandara Tinjau Kesiapan Penyambutan Kontingen Asian Games di Bandara Soetta, Menkeu Puji Kinerja...

Tinjau Kesiapan Penyambutan Kontingen Asian Games di Bandara Soetta, Menkeu Puji Kinerja Kombata

0

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani memuji kinerja Komunitas Bandara Soekarno-Hatta (Kombata) saat melakukan peninjauan kesiapan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang dalam menyambut Kontingen Asian Games XVIII pada Senin (13/8/2018).

“Kombata adalah koordinator seluruh para petugas instansi-instansi pimpinannya membentuk suatu kordinasi yang luar biasa bagus di Bandara Soekarno-Hatta ini. Saya sangat salut dengan mereka,” kata Sri Mulyani.

Dirinya meminta kepada semua pihak terkait agar pelayanan terhadap kontingen Asian Games 2018 dilakukan semaksimal mungkin sesuai aturan berlaku.

“Ini dalam rangka kita untuk bisa terima delegasi Asian Games secara baik, sopan, dan sesuai kepribadian Indonesia. Tetap dalam satu tata aturan yang baik,” kata Sri Mulyani.

“Tadi saya meninjau awal yaitu, dari bagaimana keamanan masuk Imigrasi yang kemudian yang dari karantina (Kesehatan Pelabuhan) maupun petugas untuk membantu. Data mereka (kontingen) sudah masuk dalam komputer sehingga tidak diperlukan proses yang panjang,” tambahanya.

Menteri Sri Mulyani juga menilai, dalam hal penyambutan kontingen Asian Games, petugas yang berada di Bandara Soetta sudah siap.

“Kemudian juga seluruh panitia membantu untuk akreditasi. Petugas yang terdiri dari TNI-Polri yang bisa berbahasa Inggris yang bisa membantu para atlet dan official untuk bisa akreditasikan ID mereka yang sudah mereka bawa dari sana (negara asal) dan mendapatkan kalung official Asian Games,”terangnya.

Tak hanya itu, menurut Menkeu, petugas Bea Cukai Bandara Soetta juga telah mengantisipasi dalam penyambutan ini. Bahkan, disiapkan jalur khusus untuk atlet dan ofisial.

“Teman-teman Bea Cukai sudah mengantisipasi, bagaimana melayani dengan sangat bagus dan bagaimana cara mengarahkan penumpang,” jelasnya.

Demikian juga pada saat pemeriksaan keimigrasian, petugas Imigrasi Bandara Soetta juga menyiapkan konter khusus untuk kontingen.

“Di Imigrasi untuk Asian games disediakan konter khusus dan tidak tercampur dengan penumpang reguler. Dan untuk Bea Cukai, mereka juga tidak melalui jalur merah atau hijau tapi melalui jalur Asian Games yang khusus. Semuanya dibantu oleh para official kita dan sangat luar biasa,” pungkasnya. (Rmt)