Home Berita AP II Akan Tempatkan Petugas Yang Mampu Berkomunikasi Bisindo

AP II Akan Tempatkan Petugas Yang Mampu Berkomunikasi Bisindo

0

PT Angkasa Pura II atau AP II akan terus meningkatkan layanan dan menambah fasilitas di bandara yang dikelola perseroan. Salah satunya dengan menempatkan petugas yang mampu berbahasa isyarat atau Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo).

Penempatan petugas yang mampu berbahasa isyarat tersebut untuk memudahkan berkomunikasi dengan pengguna jasa yang berkebutuhan khusus.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Pelayanan dan Fasilitas Bandara PT Angkasa Pura II, Ituk Herarindri.

“Kami AP II sudah bersepakat dengan AP I untuk mengadakan pelatihan bahasa isyarat terhadap petugas kami agar bisa melayani penumpang berkebutuhan khusus,” kata Ituk saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada Kamis (27/9/2018).

Seperti diketahui, Ombusdman RI baru saja meluncurkan buku tentang ‘Fasilitas dan Pelayanan Angkutan Udara Bagi Penumpang Berkebutuhan Khusus’.

Dalam kegiatan tersebut, penyelenggara juga menghadirkan pengguna jasa yang berkebutuhan khusus, penyandang tuna wicara dan tuna rungu beserta penerjemaah dalam bahasa isyarat.

Anggota Ombusdman RI, Alvin Lie, mendorong agar pemangku kepentingan dalam pelayanan transportasi udara untuk terus memperbaiki dan menambah fasilitas yang ramah terhadap penumpang berkebutuhan khusus.

“Tugas kami di Ombudsman mengingatkan pemerintah agar mendorong pelaku-pelaku usaha agar menghormati dan menyediakan hak-hak para pengguna jasa para pelanggannya yang berkebutuhan khusus,”ujar Alvin.

Penumpang berkebutuhan khusus disini dimaksudkan tidak hanya penyandang disabilitas, akan tetapi termasuk diantaranya anak berusia kurang dari 12 tahun, berusia lanjut, perempuan hamil, sakit ataupun dalam kondisi lemah.

Hal itu juga tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI nomor PM 185 tahun 2015 tentang penumpang berkebutuhan khusus. (Rmt)