Home Berita Menhan Minta Rektor Unhan Buat Kajian Kalibrasi Ulang Kebutuhan Alutsista

Menhan Minta Rektor Unhan Buat Kajian Kalibrasi Ulang Kebutuhan Alutsista

0

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu memimpin upacara penyerahan wewenang,tugas dan tanggung jawab jabatan Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) di Kampus Unhan, di Kawasan IPSC,Sentul,Bogor,Jawa-Barat, Jum’at, (5/10/18).

Menhan mengawali sambutannya dengan mengucapkan selamat kepada Rektor Unhan yang baru Mayjen TNI Dr. Tri Legionosuko, S.IP., M.A.P.” atas amanah yang diberikan untuk melanjutkan program kerja Kementerian Pertahanan yang telah dicanangkan melalui pengabdiaanya di Universitas Pertahanan.

Menhan Ryamizard mengatakan, Universitas Pertahanan telah dirancang untuk menjadi “Think – Tank” Kementerian Pertahanan guna mengkaji dan mendalami perkembangan lingkungan strategis yang mempengaruhi dinamika geopolitik dan geostrategy kawasan maupun Internasional. Setiap dinamika dan kompleksitas ancaman harus dapat direspon secara cepat, tepat dan benar.

“Hal ini tentunya memerlukan pemikiran dan saran-saran masukan yang cermat dapat dipertangunggjawabkan secara Ilmiah dan Konkrit,” kata Menhan.

Guna mencapai hal tersebut, kata Menhan, tentunya diperlukan cara bepikir yang Visioner, Intuitive dan “Out of the Box”. Dengan demikian Peran sentral Unhan sebagai satu-satunya Universitas di Indonesia yang membidangi Ilmu Terapan Pertahanan Negara dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat dalam menjawab berbagai tantangan kedepan yang semakin kompleks.

“Sebagaimana sering saya sampaikan bahwa kecenderungan perkembangan lingkungan strategis saat ini telah menempatkan sifat ketergantungan antar negara dan bangsa semakin besar. Hal inilah yang mendasari prediksi bahwa kedepan ancaman tidak akan lagi bersifat ancaman konvensional atau Perang Terbuka, tetapi kita perlu mengkalibrasi stretegi pertahanan negara guna mengantisipasi Ancaman Nyata seperti diantaranya ancaman terorisme dan bencana alam atau gempa dan Tsunami yang baru saja dialami Lombok, NTB dan Palu serta Donggala di Sulawesi Tengah.

“Oleh karena itu, saya minta Universitas Pertahanan melalui Rektor Unhan yang baru untuk membuat kajian tentang kalibrasi ulang kebutuhan alutsista pertahanan negara yang lebih diarahkankan untuk mengantisipasi potensi Ancaman Nyata terorisme dan bencana alam. Mengingat kedua ancaman tersebut juga dapat menimbulkan akibat yang apokaliptik.

“Saya atas nama pimpinan dan seluruh jajaran Kementerian Pertahanan mengucapkan selamat kepada Mayjen TNI Dr Tri Legionosuko, S.IP., M.A.P. atas jabatan baru sebagai Rektor Unhan. Laksanakan tugas dengan baik dan optimal,” kata Menhan.

Menhan menambahkan, prestasi yang telah dicapai Unhan hendaknya menjadi titik tolak untuk berbuat yang terbaik lagi.

“Kepada Ibu Tri Legionosuko, selamat berkarya di Dharma Wanita Persatuan Unhan. Semoga semakin memberi kontribusi positif bagi kemajuan Dharma Wanita Persatuan Kemhan,” demikian tutup Menhan. (MRZ)