Home Berita Presiden Jokowi Pimpin HUT ke-73 TNI di Mabes Cilangkap

Presiden Jokowi Pimpin HUT ke-73 TNI di Mabes Cilangkap

0

Markas Besar TNI menggelar HUT Ke-73 TNI di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur (5/10/18). Presiden RI Joko Widodo didapuk sebagai Inspektur Upacara.

Presiden Jokowi didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna. Sementara Kasad Jenderal TNI Mulyono memimpin HUT TNI di Merauke, Papua.

Tema peringatan HUT TNI Ke-72 kali ini adalah ” Profesionalisme TNI Untuk Rakyat” . Makna dari tema tersebut adalah prajurit TNI yang berbasis kompetensi, prajurit TNI yang harus kuat, handal dan semua tugas serta kewajibannya di dharma baktikab untuk rakyat, yang senantiasa dipagari oleh doktrin Sapta Marga dan Sumpah Prajurit yang merupakan nafas bagi semua prajurit berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Tampil sebagai Komandan Upacara adalah Kolonel Pnb Yoyos Kuscahyono yang sehari-harinya menjabat sebagai Asops Kosekhanud II. Pengucap Sapta Marga yakni Lettu Inf MZ Firmansyah ( Dan Unit 1/1/3 Yon 12 Grup 1 Kopassus) dan sebagai cadangan Lettu Laut (S) Agung Yustian yang kesehariannya menjabat Askadep Minlog KRI Sutanto-337 Satkor Koarmada 1, dan Lettu Pnb Dimas Aryan Nalendra yang menjabat Perwira Penerbang Golongan VIII Skuadron Udara 17 Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Sementara perwakilan penerima tanda kehormatan yakni Kolonel Cpl Herry Keswanto (Bintang Eka Paksi Nararya) yang menjabat Komandan Pusdik Pal Kodiklat TNI AD, Kapten Mar Sunardi (Bintang Jalasena Nararya) jabatan Kasi UDK Kima Brigif 1 Pasmar Jakarta dan Peltu Argo Budi Prasetyo (Bintang Swa Buana Paksa) jabatan Bintara Adminku Progar Spersau.

Kenudian, pasukan yang terlibat parade berjumlah 1.673 orang yang terdiri dari Batalyon Upacara 1 Perwira Gabungan, yaitu 1 Kompi Upacara Pamen, 1 Kompi Upacara Pama, 1 Kompi Upacara Wanita TNI, 1 Batalyon Upacara TNI AD, 1 Batalyon Upacara TNI AL, 1 Batalyon Upacara TNI AU, 1 Kompi Upacara PNS TNI dan Satsik Type “A” Gabungn TNI.

Komposisi pasukan parade adalah kelompok panji-panji TNI dan Angkatan, Batalyon Upacara Pasukan Tidak Bersenjata yang terdiri dari (Kompi Upacara Pamen/Pama, Kompi Upacara Wan TNI, Kompi Upacara PNS), Batalyon Upacara Pasukan Bersenjata: 1 Batalyon TNI AD (1 Kompi Upacara Kopassus, 1 Kompi Upacara Kostrad; 1 Batalyon TNI AL (1 Kompi Upacara Marinir, 2 Kompi Upacara Pelaut); 1 Batalyon TNI AU (1 Kompi Paskhas, 1 Kompi Crew TNI AU), dan Satsik Type “A” Gabungan TNI.

Sedangkan alutsista sebagai background upacara pada hari ini adalah 2 pucuk Meriam Armed Caesar 155 GS, 2 Unit Leopard, 2 Unit Anoa SM 2 dan 2 Unit Anoa 6×6 dari satuan TNI AD, 2 pucuk BTR 4, 2 pucuk RM 70 Grad, 2 pucuk BMP3F dari satuan Marinir, Penangkis serangan udara Oerlikon Skyshield dari satuan TNI AU.

Kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangkaian HUT Ke-73 TNI, yaitu dimulai dari kegiatan Outbound Wartawan, Joy Sailing bersama Pemimpin Redaksi (Pemred) media massa, Pemecahan Rekor Dunia MURI Tari Gemu Famire, Gebyar Karya Pertiwi, Ziarah Nasional ke (makam Panglima Besar Jenderal Soedirman, makam Presiden RI pertama, kedua dan keempat), Panglima TNI Cup, Silahturahmi dengan para Veteran dan Wartawan Veteran, Pameran Alutsista di seluruh Kotama Ops TNI, Membatik Massal, Kegiatan Bakti Sosial yang dilaksanakan di (Merauke, Pulau Sabang dan Kupang), Flag Relya bendera Sang Merah Putih dari Sabang sampai Merauke oleh prajurit TNI. Setelah pelaksanaan upacara masih ada kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu Gala Dinner dan Panglima TNI Award serta diakhiri dengan Lomba TNI International Maraton yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 November 2018 di Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB).

Susunan acara Parade HUT Ke-73 TNI Tahun 2018 diantaranya, Upacara Parade, Pengucapan Sapta Marga dan Penganugrahan Tanda Kehormatan.

HUT ke-73 TNI tahun 2018 dilaksanakan dengan sederhana dan serentak di seluruh kotama Ops yang tergelar di bumi nusantara. Upacara di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, dipimpin Presiden RI Joko Widodo bertindak sebagai Inspektur Upacara. Kasad Jenderal TNI Mulyono bertindak sebagai Inspektur Upacara di titik terdepan sisi Timur Indonesia. Sementara Pangdam Iskandari Muda bertindak sebagai Inspektur Upacara di titik terdepan sisi 1 Barat Indonesia, sedangkan Danrem 131/Stg bertindak sebagai Inspektur Upacara di Pulau Miangas sebagai titik terdepan sisi Utara Indonesia dan Danrem 161/WS bertindak sebagai Inspektur Upacara di Pulau Rote sebagai titik terdepan sisi Selatan Indonesia. (MRZ)