Home Berita Apa Kabar Perimeter Selatan Bandara Soetta?

Apa Kabar Perimeter Selatan Bandara Soetta?

0

Sejak ditutupnya Jalan M1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang pada Okober 2014 silam, akses masyarakat menuju Bandara tersebut dari Jalan Marsekal Suryadarma, Neglasari, Kota Tangerang dialihkan melalui Jalan Perimeter Selatan.

Jalan Perimeter Selatan merupakan jalan inspeksi petugas yang kemudian berubah fungsi dan dibuka untuk umum. Jalan ini pun menjadi akses utama warga Tangerang menuju Bandara Soetta khususnya melalui Neglasari, Kota Tangerang.

Ketika dibuka untuk umum, angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di Jalan Perimeter Selatan ini cukup tinggi. Mayoritas kendaraan yang terlibat kecelakaan adalah sepeda motor.

Tingginya angka laka lantas di Jalan Perimeter Selatan membuat pengelola Bandara Soetta yakni PT Angkasa Pura II memberlakukan 1 arah pada jalan tersebut tepatnya pada tanggal 1 Maret 2016.

Dimana, Jalan Perimeter Selatan difungsikan untuk akses masuk menuju Bandara Soetta dari arah M1 Neglasari, Kota Tangerang. Sementara untuk keluar dari kawasan Bandara Soetta menuju Neglasari, Kota Tangerang harus melalui Jalan Perimeter Utara.

Tak lama setelah kebijakan 1 arah diberlakukan, jalan Perimeter Selatan dan Perimeter Utara kembali menjadi 2 arah pada 18 November 2014 silam. Hal tersebut dinilai dapat mengurai kemacetan lalu lintas yang kerap terjadi di Kawasan Bandara Soetta.

Namun, sejak Senin (5/2/2018) Jalan Permeter Selatan tidak lagi dapat dilalui masyarakat dari arah Neglasari, Kota Tangerang menuju Bandara Soetta maupun sebaliknya. Hal ini disebakan longsornya dinding penahan Underpass di Jalan tersebut. Insiden ini sendiri menelan 1 korban jiwa.

Sejak insiden yang menyita perhatian publik tersebut, sebagian Jalan Perimeter Selatan masih ditutup untuk umum. Khususnya akses dari Jalan Marsekal Suryadharma, Neglasari, Kota Tangerang menuju Bandara Soetta maupun sebaliknya.

Kendati demikian, sebagian Jalan Perimeter Selatan masih dapat diakses untuk menuju Bandara Soetta dari Kota Tangerang maupun sebaliknya yakni melalui Jalan Halim Perdana Kusuma, Jurumudi, Kota Tangerang.

Akankah Jalan Permeter Selatan kembali dibuka untuk umum? (Rmt)