Home Berita Seleksi Komisioner KPU Banten Tahap Test Wawancara dan Kesehatan

Seleksi Komisioner KPU Banten Tahap Test Wawancara dan Kesehatan

0

Setelah melakukan test tertulis dan Psikotes, Tim Seleksi (Timsel) Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, melanjutkan tahapan Test wawancara dan Test kesehatan kepada para calon Komisioner KPU Kabupaten dan Kota serang serta Kota Tangerang. Tahap tes tersebut dilaksanakan di Hotel Novotel, jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Babakan, Tangerang.

Suwaib Amiruddin, Ketua Timsel Komisioner KPU Provinsi Banten mengatakan, setiap test atau tahapan yang dilalaui calon komisioner itu berdasarkan peraturan KPU RI.

“Untuk seluruh calon komisioner KPU, kita mulai test wawancara pukul 08.00 WIB. Peserta yang mengikuti tes hari ini (kemarin) masing – masing calon diberikan waktu 30 menit,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (30/10/2018).

Suawib menjelaskan, peserta yang terdaftar dari awal pembukaan calon komisioner KPU, untuk Kabupaten dan Kota Serang ada sekitar 50 lebih peserta. Dan untuk Kota Tangerang sebanyak 35 lebih pendaftar.

“Namun dengan adanya tahapan – tahapan dan test yang dilakukan. Khusus untuk test wawancara yang di barengi dengan test Kesehatan, dari ketiga daerah tersebut, yang lulus dan mengikuti test hari ini hanya 25 peserta saja,” terangnya.

“Dari hasil wawancara ini akan melahirkan 10 peserta, yang mana nantinya 10 peserta tersebut akan dikirim ke KPU RI untuk di lakukan uji kepatutan dan uji kelayakan,” imbuhnya.

Suawib menjabarkan, dalam test ini ada 3 point yang menjadi tuntutan tim seleksi. Dan point itu mengenai masalah sistem politik, menegement kepemiluan dan mengenai peraturan per Undang-Undangan.

“Selain tiga point tersebut, makalah tentang kepribadian para calon juga di nilai yang mana kita nilai dari segi aspek apa yang mereka pernah lakukan dalam menghapai pemilu. Dan hasil tes hari ini akan diumumkan pada 7 November 2018 yang akan diserahkan kepada KPU langsung,” bebernya.

Suwaib menambahkan, dengan adanya tahapan – tahapan yang ada yang mana calon sudah menujukkan kelayakannya menjadi komisioner. Dirinya berharap yang terpilih menjadi komisioner sudah siap bekerja sepenuh hati.

“Mudah-mudahan yang kita hadirkan dari 10 besar itu, kedepannya mereka betul – betul menjadi calon anggota yang mempunyai integelitas yang sangat penting sekali bagi penyelenggara. Yang bisa menjaga kondusifitas dan netralitas dalam pesta demokrasi milik masyarakat,” pungkasnya. (Amd)