Home Berita Mad Romli Ingatkan Pentingnya Bursa Inovasi Desa

Mad Romli Ingatkan Pentingnya Bursa Inovasi Desa

0

Guna mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa, dan pertumbuhan ekonomi daerah tidak terlepas dari kreativitas masyarakat desa untuk menggali dan mengembangkan berbagai potensi usaha dengan menjadi pelaku ekonomi kreatif.

Tantangan serta peluang itu saat ini harus menjadi perhatian serius Pemerintah Desa sehingga Kabupaten Tangerang yang memiliki pasar berlimpah dapat menjadi tuan rumah untuk produk industri kelompok Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM).

Oleh karenanya, pemerintah Desa pun harus menjadi penggerak tumbuhnya iklim kreatif sekaligus menjadi fasilitator yang mendorong munculnya kreativitas masyarakat desa di Kabupaten Tangerang.

“Pemerintah Kabupaten Tangerang mendorong tumbuhnya UMKM, ekonomi kreatif yang ada di setiap desa-desa. Bursa inovasi harus terus berjalan agar meningkatkan kreatifitas dan kemampuannya dalam inovasi,” ujar Wakil Bupati Tangerang Mad Romli disela-sela acara Bursa Inovasi Desa Kabupten Tangerang di Gedung Serba Guna (GSG) Puspemkab Tangerang, Kamis (1/11/2018).

Lanjutnya, kegiatan tersebut menjadi ajang pertukaran inisiatif dan edukasi bagi pemerintah dan masyarakat desa, sehingga menjadi program yang dinilai strategis.

“Kedepan harus semakin berperan aktif, para kepala desa, kemudian BPD (Badan Pemusyawaratan Desa) dan Bumdes (Badan Usaha Desa) bisa meningkatkan muatan lokal,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, saat ini ada beberapa inovasi masyarakat desa yang sudah berkembang di Kabupaten Tangerang, inovasi itu masuk menjadi produk unggulan.

“Adanya industri seperti topi bambu, keripik, baju batik khas Kabupaten Tangerang,” imbuhnya.

Dalam kegiatan itu, setiap desa memamerkan produk unggulannya untuk diketahui oleh pengunjung yang datang ke acara tersebut. (Ais)