Beranda Berita Indonesia-Malaysia Gelar Sidang General Border Commite di Bali

Indonesia-Malaysia Gelar Sidang General Border Commite di Bali

0

Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu dan dan Menteri Pertahanan Malaysia YB Tuan Haji Mohamad Bin Sabu, menghadiri Sidang General Border Commite (GBC) Malaysia-Indonesia (Malindo) Ke-41 di Hotel Pullman, Legian Kuta, Bali, Kamis (15/11/18).

Menhan Ryamizard, mengatakan, sidang ini merupakan forum yang sangat penting dan strategis dalam memelihara hubungan bilateral bagi Indonesia- Malaysia.

Sidang GBC yang berlangsung pada 14 Nopember sampai dengan 15 Nopember 2018 ini dihadiri Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman, Wakasau dan beberapa pejabat Kemhan dan TNI.

Menurut Kapendam IX/ Udayana, Kolonel Inf Djoni Harianto Gulo, agenda sidang GBC diantaranya tentang laporan kemajuan bidang operasi dan non operasi. Termasuk juga tindak lanjut pembahasan revisi SA-84, rencana sidang GBC Malindo Ke-42. Sidang juga diisi dengan sambutan Ketua GBC dari Indonesia dan Malaysia.

GBC Malindo merupakan forum koordinasi dan kebijakan lintas sektoral, yang melibatkan berbagai unsur Angkatan Bersenjata, Kepolisian, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri dan kementerian terkait dari kedua negara.

Sidang GBC ini pertama kali digelar pada 1972 dan pada tahun 2017 sidang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia.

“Bagi Indonesia, kegiatan ini memiliki nilai penting dan strategis dalam meningkatkan hubungan kerjasama kedua negara, dalam menentukan kebijakan untuk menciptakan stabilitas keamanan di wilayah perbatasan kedua negara,” jelas Kapendam IX/ Udayana, Kolonel Inf Djoni Harianto Gulo.(MRZ)