Home Bandara WN Nigeria Kedapatan Gunakan Visa Palsu di Bandara Soetta

WN Nigeria Kedapatan Gunakan Visa Palsu di Bandara Soetta

0

Seorang warga negara (WN) Nigeria berinisial TAO (28) terpaksa berurusan dengan petugas Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta. Bagaimana tidak, ia datang ke Indonesia menggunakan Visa palsu.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Soekarno-Hatta, Enang Supriyadi Syamsi.

“Ketika diperiksa petugas kami, yang bersangkutan didapati menggunakan visa palsu untuk masuk Indonesia,” kata Enang di Bandara Soetta, Tangerang, Senin (19/11/2018).

Diketahui, TAO datang ke Indonesia menggunakan pesawat Ethopian ET-628 dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang pada Sabtu (17/11).

Enang mengungkapkan, pada saat mengantre di tempat pemeriksaan Imigrasi (TPI), TAO terlihat gelisah sehingga dicurigai oleh petugas dan langsung diamankan untuk dimintai keterangan.

“Saat diintrogasi, ditemukan visa yang digunakan oleh TAO sudah dimodifikasi sedemikian rupa dengan biodata yang tercantum bukan data milik TOA,” ungkap Enang.

Kepada petugas, TAO mengaku memperoleh visa tersebut seharga Rp 40 juta. Ia pun terancam dideportasi dari Indonesia.

“Yang bersangkutan mengaku mendapatkan visa palsu dengan membayar 40 juta rupiah. Rencananya akan dideportasi,” kata Enang.

Selain itu, petugas Imigrasi juga mengamankan seorang WN Korea Selatan berinisial JKU. Ia diamankan lantaran termasuk dalam daftar Interpol.

JKU datang ke Indonesia menggunakan pasawat China Eastern MU-5069. Ia diamankan sesaat setelah tiba di Terminal 2D Bandara Soetta.

“Saat ini, kami telah berkoordinasi dengan NCB Interpol Div Hubungan Internasional Mabes Polri untuk penanganan lebih lanjut terhadap WNA tersebut,” pungkas Enang. (Rmt)