Home Home BEM Unindra PGRI Harus Out Of The Box Dalam Menjalankan Tugas, Fungsi...

BEM Unindra PGRI Harus Out Of The Box Dalam Menjalankan Tugas, Fungsi dan Perannya

0

Oleh: Mukhlas, Mahasiswa Unindra PGRI, Wakil Ketua BEM FIPPS.

Organisasi intra kampus (Ormawa) adalah wadah aktivitas, kreatifitas dan pengembangan pola berfikir kritis rasional. Dimana organisasi intra perguruan tinggi menjadi organisasi pengembangan mahasiswa diluar pengembangan proses pembelajaran didalam kelas yang bertujuan untuk mencetak mahasiswa/i yang berkualitas dan menjadi penerus bangsa yang mampuh membawa perubahan untuk bangsa dan negara.

Organisasi intra perguruan tinggi terdiri dari beberapa tingkatan, mulai dari Unit Aktivitas Mahasiswa Program Studi (Unitas) yang terpokus pada pengembangan dan pengaplikasisan dari mata kulian yang didapatkan di ruang kelas, Badan Eksekutif Fakultas (BEM F) yang berpokus dalam mengakomudasi tiap-tiap Unitsa dalam ruang lingkup Fakultas, Unit Kegitan Mahasiswa (UKM) yang tepokus dalam pengembangan minat dan bakat mahasiswa, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) yang terfokus kedalam pembentukan pedoman umum organisasi intra kampus dan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEM U) yang terfokus mengakomodasi segala kegiatan BEM F dan UKM.

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas (BEM U) adalah lembaga eksekutuf mahasiswa di tingkat Universitas “Bab V pasal 13 Anggaran Dasar (Pedoman Umum KBM Unindra). Sebagai lembaga eksekutif tertinggi BEM U haruslah menjalankan dengan meksimal salah satunya adalah inkubator aspirasi mahasiswa, oleh karena itu BEM U harus bisa memperjuangkan segala aspirasi mahasiswa. Karena itu adalah amanat konsitusi pedoman organisasi intra perguruan tinggi universitas indraprasta PGRI.

Dibalik tugas fungsi dan peran BEM U yang ada didalam pedoman umum organisasi intra kampus BEM U juga harus mengoptimaliasasikan tugas, fungsi serta perannya yaitu ikut bersama memajukan kampus dengan terpokus memberikan prestasi untuk kampus, menjalin hubungan yang baik, dan sinergi dengan civitas akademik salah satunya pihak lembaga kampus, agar organisasi intra kampus mampuh bersinegi delama segala aktivitas lembaga dan Ormawa.

BEM U juga sebagai alat untuk memperjuangkan hak-hak mahsiswa, karena BEM U adalah salah satu lembaga tertinggi dalam organisasi. Karena organisasi intra kampus adalah representasi dari mahasiswa umum, BEM U juga harus lebih peka dan mengambil sikap atas segala kejadian-kejadian yang terjadi didalam ruang lingkup kampus. Oleh karena itu peran dan fungsi BEM harus lebih dioptimalisasikan lagi sebagai salah satu organisasi tertinggi yang ada didalam kampus. (*)