Home Berita Training of Facilitator Kader Bela Negara Kemhan Bangkitkan Nilai Nasionalisme

Training of Facilitator Kader Bela Negara Kemhan Bangkitkan Nilai Nasionalisme

0

Acara Training Of Facilitator (TOF) Kader Bela Negara Gabungan Kementerian Pertahanan, Angkatan II, Tahun 2018, yang dimulai sejak tanggal 12 November 2018 sampai dengan 21 November 2018, diikuti oleh Kader Bela Negara Gabungan dari seluruh Indonesia, terdiri dari berbagai unsur elemen masyarakat (Ormas, Dosen, Guru, Mahasiswa, Murid SMA) dan juga diikuti oleh 34 Kolonel seluruh Indonesia.

“Banyak ilmu yang didapat dari TOF ini, kami mendapat bekal materi pelajaran dari pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya, ” kata Ary Lestari, Ketua Umum Persatuan Kader Bela Negara Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Kamis (23/11/2018).

Para pembicara tersebut yakni Mayor Jenderal TNI Toto Siswanto (Staf Ahli Bidang Hankam Setjen Wantannas), Brigadir Jenderal (Purn). A.R.Wetik (Dosen Lemhannas), Kolonel Inf Pujo Widodo (Dosen Universitas Pertahanan), dan Vita Soemarno Manurung.

Selain itu, pembicara dari Widya Iswara Pusdiklat Bela Negara Kementerian Pertahanan juga hadir yakni Kolonel Aldian, Kolonel Ade Kurnianto, Kolonel Kasep Panjaitan, Kolonel Nur Wahyu Widodo, dan Kolonel Trijono.

“Selain kami mendapat pembekalan materi diruang kelas, kami pun mendapat tugas kelompok yang kemudian kami paparkan didepan Penguji,” ujar Ary.

Tidak hanya itu saja, lanjutnya, TOF Bela Negara ini pun didampingi oleh 6 orang Pelatih, 3 diantaranya Pelatih dari Kopassus, yang melatih olah raga, baris-berbaris, tata cara upacara, caraka dan ASBN (Api Semangat Bela Negara).

Selama sepuluh hari acara TOF, para peserta mendapatkan pengalaman yang luar biasa, dan bisa membangkitkan jiwa Nasionalisme dan Patriotisme, sehingga lebih merasa memiliki dan mencintai NKRI.

“Tentunya setelah ini kami akan mengaplikasikan ilmu yang kami dapatkan kepada masyarakat dilingkungan kami,” jelasnya.

Ajang ini, menurut Ary, tak terlepas dari peran serta Mayor Jenderal TNI Ida Bagus Purwalaksana (Kabadiklat Kementerian Pertahanan), Laksamana Pertama TNI Hendrawan (Sesbadiklat Kementerian Pertahanan), Brigadir Jenderal TNI Kartiko Wardani (Kapusdiklat Bela Negara Kementerian Pertahanan) dan Brigadir Jenderal TNI Tandyo Budi (Direktur Bela Negara Kementerian Pertahanan), yang telah memberi kesempatan kepada Kader Bela Negara Gabungan Kementerian Pertahanan.(MRZ)