Home Bandara Bandara Changi Singapore Bakal Adopsi System GSS Terminal 3 Bandara Soetta

Bandara Changi Singapore Bakal Adopsi System GSS Terminal 3 Bandara Soetta

0

Tim pengembangan Bandara Internasional Changi Singapura mengunjungi Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang pada Jumat (30/11).

Mereka datang ke Terminal 3 dalam rangka mempelajari system Ground Support Services (GSS) yang telah diterapkan di airside (sisi udara) Terminal 3. Diantaranya, Ground Power Unit (GPU), Pre Conditioned Air (PCA) dan Blue Water, Potable and Sewage.

Senior Manager Of Airside Operation and Aircraft Rercue & Fire Fight, Indra Gunawan mengatakan, GSS yang sudah diterapkan di Terminal 3 tersebut rencananya akan diterapkan di Terminal 5 Bandara Changi Singapura.

“Mereka dari Changi Development atau tim pengembangan untuk Terminal 5 (Bandara Changi). Jadi kunjungan mereka itu dalam rangka ingin mengadop system GSS yang sudah ada di Terminal 3,” kata Indra saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (30/11/2018).

Tim pengembangan Bandara Internasional Changi Singapura melihat system Ground Support Services (GSS) yang telah diterapkan di airside (sisi udara) Terminal 3 Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang pada Jumat (30/11).

Menurut Indra, di bandara-bandara Asia Tenggara baru di Terminal 3 Bandara Soetta yang telah menerapkan system GSS tersebut. Sehingga pengembang dari Changi Airport tertarik untuk melihat langsung.

“Di Southeast Asia, baru cengkareng yang menerapkan. Sehingga mereka datang. Dari system GSS itu kita ada 3 bagian yang terdiri dari GPU, PCA dan satu paket seperti potable water, blue water dan sewage,” terangnya.

System GSS ini memiliki keunggulan tersendiri, dimana dapat mengurangi pergerakan kendaraan di sekitar tempat pesawat parkir ketika melakukan loading maupun unloading.

“Kalau bandara pada umumnya masih menggunakan mobile, jadi ada ground support equipment yang sistemnya berjalan atau mobile. Kalau kita di Terminal 3 ini sudah langsung dibangun di dalam tanah,” kata Indra.

Selain mengurangi pergerakan kendaraan, system GSS tersebut juga dapat meningkatkan efisiensi dan keamanan operasi di sisi udara bandara.

“Mereka berencana membangun terminal 5 dan mungkin akan mengadopsi system seperti ini,” tandas Indra. (Rmt)