Beranda Berita Cipondoh Wakil Kota Tangerang Lomba UP2K Tingkat Banten

Cipondoh Wakil Kota Tangerang Lomba UP2K Tingkat Banten

0

Kelurahan Cipondoh Indah, Kecamatan Cipondoh, jadi perwakilan Kota Tangerang dalam lomba tingkat provinsi yang di gagas oleh Pengerak Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Banten.

Dalam lomba tersebut Kecamatan Cipondoh melombakan produk eping dan kripik singkong balado asal warganya yang berada di Jalan Teratai III, Blok C, RT 20 RW 06 yang dinilai oleh tim penilai Usaha Peningkatan Pemberdayaan Keluarga (UP2K) Provinsi Banten.

“Penilaian hari ini sekaligus memperingati Hari Kesehatan Gerak PKK (HKG). Kecamatan Cipondoh kali ini menjadi lokusnya antara kecamatan lain yang ada di Kota Tangerang,” terang Rantau Ana, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) II UP2K Provinsi Banten kepada wartawan, Selasa (15/01/2019)

Ana menjelaskan, terdapat lima perlombaan dari seriap pokja yaitu pokja 1 : Tertib Administrasi, pokja 2 : Pola Asuh Anak, pokja 3 : UP2K, pokja 4 : Hatinya PKK dan yang terakhir pokja 5 : Iva test.

“Kebetulan Kota Tangerang itu yang pertama kami tim dari Provinsi Banten turun. Selanjutnya kita keliling di delapan wilayah, empat kabupaten dan empat kota yang ada di Banten ini,” paparnya.

Untuk di Kecamatan Cipondoh, yang khususnya di Kelurahan Cipondoh Indah kata dia, data sudah masuk semua dalam kriteria yang dinilai oleh tim. Namun, belum bisa langsung juara karena pihaknya harus melihat daerah yang lain.

“Inovasi, tambahan atau ada kretifitas di daerah masing-masing. Nanti tim kami akan mengumumkanya pada Juli 2019 mendatang saat puncak acara. Namun, laporan akhir bulan ini. Selain itu, hasil dari ini kita seleksi dan pemenangnya akan melaju kejenjang selanjutnya,” pungkasnya.

Camat Cipondoh Kiki Wibhawa mengatakan, penilaian ini menurutnya yang terpenting adalah bagai mana usahanya bisa bermanfaat untuk keluarga itu sendiri, dan selanjutnya bagai mana bisa meningkatkan untuk lingkungan sekitar.

“Seperti yang kita lihat keripik singkong dan emping balado ini alhamdulillah dari yang tadinya usaha dengan omset yang belum begitu banyak seiring waktu berjalan sudah bisa mempekerjakan karyawan masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Dirinya juga berharap, ini merupakan pilot project bagi kelurahan lainnya, bahwa ternyata dikelurahan lainnya banyak potensi yang dapat dikembangkan.

“Tahun 2018 lalu kita di HKG sampai ketingkat nasional untuk pemeriksaan Iva Test dan mendapatkan juara 3, untuk tahun ini mudah mudahan juara dalam UP2K tingkat provinsi,” harapnya.

Selain keripik singgkong Kiki juga mengungkapkan banyak produk unggulan yang dihasilkan dari setiap masing masing kelurahan di Kecamatan Cipondoh.

“Seperti Geswang (ikan asin gese dan bawang), telor asin, kue kue dan juga kerajinan tangan hasil karya para kader, dan untuk tahun 2019 ini yang kita unggulkan dalam penilaian UP2K tingkat provinsi mewakili Kota Tangerang adalah keripik singkong dan emping balado,” jelasnya. (Amd)