Home Berita Pemprov Siapkan Dana Perpustakaan Tiap Desa di Kabupaten Tangerang

Pemprov Siapkan Dana Perpustakaan Tiap Desa di Kabupaten Tangerang

0

Pemerintah Provinsi Banten bakal menyediakan anggaran untuk membuat perpustakaan desa di beberapa kabupaten wilayah Banten. Salah satunya setiap desa di Kabupaten Tangerang.

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengatakan dalam sosialisasi bantuan keuangan kepada pemerintah desa, pihaknya berupaya memberikan pelayanan dasar di bidang pendidikan kepada masyarakat. Adapun anggaran ini merupakan dana dukungan komplementer dengan jumlah Rp 50.000.000 per desa.

“Sudah kita anggarkan adalah untuk 246 desa yang ada di Kabupaten Tangerang. Selain itu juga nanti dibagikan di empat kabupaten yaitu Kabupaten Tangerang, Serang, Pandeglang, dan juga Lebak,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan dengan adanya program ini adalah bagaimana Pemerintah Desa bisa mengajak masyarakat untuk mencintai budaya membaca. Dan ini juga termasuk literasi untuk memfasilitasi masyarakat dalam mengakses pengetahuan melalui buku.

“Jadi kami sudah berkomitmen bersama pak Gubernur untuk memberikan dana bantuan Pemprov ini setiap tahunnya untuk menunjang proses pembangunan yang ada di Desa. Kalau berhasil di tahun 2019 nanti teman-teman dari kepala desa berhasil nanti bisa kita tingkatakan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tangerang Mad Ramli mengatakan bahwa ini adalah salah satu bentuk kepedulian Pemprov kepada kepala desa.

“Saya kira para kepala desa agar segera menyusun proposal dalam pembuatan Perpustakaan ini. Agar manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat,” tutupnya. (ais)