Home Berita Presiden Jokowi Serahkan 5.000 Sertifikat Tanah di Tigaraksa

Presiden Jokowi Serahkan 5.000 Sertifikat Tanah di Tigaraksa

0

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 5.000 sertifikat tanah milik warga di Kabupaten Tangerang di Lapangan Maulana Yudha Negara, Tigaraksa, Senin (18/2/2018).

Jokowi menceritakan ketika berkunjung ke beberapa daerah mengenai sering terjadinya konflik lahan baik antarmasyarakat, masyarakat dengan perusahaan maupun masyarakat dengan pemerintah. Konflik terjadi karena masyarakat belum memiliki sertifikat tanah sebagai tanda bukti hak hukum atas tanah yang dimilikinya.

“Karena yang saya dengar ada sengketa tanah, sengketa lahan, konflik lahan dimana-mana,” ujarnya.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi antara lain meminta warga yang sudah memiliki sertifikat tanah untuk menyimpan, merawat dan memanfaatkannya dengan sebaik baiknya.

“Kalau mau disekolahkan silahkan, dikalkulasi dulu bisa nyicil ndak? Kalau ndak bisa mending gak usah,” ucapnya.

Kepala Negara meminta warga menabung berapa pun keuntungan dari memanfaatkan pinjaman dari bank.

“Jadi saya ingatkan kalau pinjam ke bank dapat pinjaman 300 juta jangan 150 jutanya untuk beli mobil. Gunakan 300 juta tersebut untuk modal kerja, modal usaha, kalau ada keuntungan 5 juta alhamdulillah kita tabung,” katanya

Selain Kepala Negara hadir pula Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan  A Djalil, Gubernur Banten Wahidin Halim dan Bupati Tangerang Zaki Iskandar.

Sementara itu, Mentri Agraria dan Tata Ruang  Sofyan A Djalil mengatakan paling banyak PR yang dikerjakan untuk masalah sertifikat tanah ini adalah diluar Pulau Jawa.

“Seperti di Kalimantan, Papua, nah itu terus kita benahi. Kita punya target tahun 2025 seluruh tanah terdaftar, walaupun tidak bersertifikat semua yang penting terdaftar dulu. Karena ini sebagai pondasi penting,” jelasnya.

Dari pantauan masyarakat yang hadir sebanyak 4.729. Dalam kesempatan itu Jokowi menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis kepada 12 wakil penerima. (Ais)