Home Berita KPU Kabupaten Tangerang Pastikan Keamanan Surat Suara Hingga 17 April 2019

KPU Kabupaten Tangerang Pastikan Keamanan Surat Suara Hingga 17 April 2019

0

Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Tangerang akan terus melakukan pengamanan surat suara pemilu 2019 hingga hari pencoblosan (17 April 2019).

Sebelumnya, KPU Kabupaten Tangerang telah menerima kiriman surat suara untuk DPR RI dari Surabaya sebanyak 750.000 pada Minggu, 17 Febuari 2019.

Sekertaris KPU Kabupaten Tangerang, Wili Patria mengatakan surat suara yang datang langsung disimpan rapi dalam gudang dan sudah dilapisi plastik. Ia juga mengatakan untuk surat suara ini benar-benar menjadi hal yang sangat sensitif baik dari cara penyimpanan, pola penyimpanan, hingga keamanan.

“Kebetulan surat suara yang kita terima saat ini sudah dilapisi oleh plastik jadi sangat-sangat aman dari kemasukan air, saya pastikan aman karena kan nanti kita akan lakukan sortir,” jelasnya.

Untuk pengamanan khusus nantinya setiap minggu KPU Kabupaten Tangerang akan mengecek. Sedangkan untuk pelipatan nantinya KPU Kabupaten Tangerang akan mengerahkan 500 warga.

“Surat suara ini akan dilipat dengan mengerahkan sekitar 500 orang tenaga yang diambil dari warga sekitar. Selain dilipat, juga akan disortir untuk memilah mana surat suara yang bisa digunakan dan mana yang dinyatakan rusak,” tutupnya.

Untuk diketahui, jumlah pemilih di Kabupaten Tangerang yang terdata melalui Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 2.218.275 pemilih. Jumlah surat suara sendiri akan disediakan sebanyak jumlah DPT dan jumlah daftar pemilih tetap tambahan (DPTB) ditambah 2 persen untuk antisipasi. (ais)