Home Berita Musrenbang Rajeg Wujudkan Sinergritas Pembangunan

Musrenbang Rajeg Wujudkan Sinergritas Pembangunan

0

Pemerintah Kecamatan Rajeg menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2019 tingkat Kecamatan, Selasa (19/2/2019).

Camat Rajeg Ahmad Patoni berharap Musrenbang ini memberi manfaat yang besar untuk pembangunan di wilayah Kecamatan Rajeg.

Selain itu, pihaknya berharap nantinya ada sinergisitas antara usulan dari masyarakat melalui Musrenbang Desa dan Kecamatan dengan kebijakan Pemkab Tangerang, sehingga bisa menghasilkan beberapa kesepakatan.

“Sinergisitas antara kecamatan, Pemda Tangerang dengan desa saat ini sudah sangat baik. Dimana ada kegiatan yang harus ditangani oleh desa dengan dana desanya dan ada yang harus dibangun oleh Pemkab Tangerang,” katanya.

Adapun yang menjadi persoalan adalah usulan dari masyarakat dan kemampuan keuangan daerah sangat terbatas sehingga menetapkan skala prioritas mana yang harus didahulukan.

Musrenbang kali ini selain menampung usulan dari desa juga disampaikan apa yang akan dikerjakan pada 2019 sehingga masyarakat bisa mengetahui dengan harapan bisa membantu proses kelancaran pelaksanaan pembangunan.

Ahmad Patoni menjelaskan, mekanisme Musrenbang ini berawal dari usulan desa berdasarkan hasil musyawarah rencana kerja pemerintah desa di masing-masing desa di Kecamatan Rajeg yang terlaksana mulai Januari 2019.

Tujuan pelaksanaan Musrenbang Kecamatan untuk penajaman, penyelerasan, kesepakatan dan pada gilirannya berintegritas dengan pembangunan di Kabupaten Tangerang.

“Adapun hasil rekapitulasi usulan desa seperti bidang fisik dan prasarana, Kesehatan, Gebrag pakumis plus, pendidikan, penanganan sampah, usaha kecil mikro dan pembangunan ekonomi kreatif,” pungkasnya.

Sementara itu tokoh pemuda Rajeg Rasim Ar saat menghadiri musrembang mengatakan, dirinya akan mengawal usulan kegiatan yang sudah terprogram baik di tingkat RT, RW, dan tingkat Kecamatan, agar bisa terealisasi di tahun 2020 nanti.

“Kami sebagai delegasi pemuda Rajeg siap mengawal usulan kegiatan hasil musrembang tingkat kecamatan sampai kepada musrenbang tingkat Kabupaten Tangerang,” tegasnya.(sam)