Home Berita KPU Kabupaten Tangerang Gelar Simulasi Pemilu Serentak

KPU Kabupaten Tangerang Gelar Simulasi Pemilu Serentak

0

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang melakukan simulasi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, Minggu (24/2/2019). Simulasi tersebut dilakukan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 12.

Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Ali Zainal Abidin mengatakan, simulasi tersebut dilakukan sebagai representasi dari Pemilu yang dilakukan di wilayah pedesaan.

“Hari ini KPU Kabupaten Tangerang melakukan simulasi untuk pemilu serentak 2019 kebetulan kami mengambil tempat wilayah Desa sukamulya, sebagai representasi dri pedesaan,” ujarnya.

Lanjut Ali, simulasi tersebut bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam melakukan proses pemungutan suara hingga proses pencatatan. Selain panitia, simulasi ini juga bertujuan untuk mengetahui pemahaman masyarakat terhadap pemilu serentak ini karena pemilih mendapatkan lima surat suara.

“Karena ada banyak hal berbeda dari pemilu sebelumnya, misalnya bagaimana memperlakukan pemilih pindahan, agar memperoleh hak pilih, menentukan suara sah tidak sah dan melakukan pencatatan karena ini cukup banyak partainya 16, Calon DPD ada 26 dan capres ada 2. Dan satu pemilih kan dapat 5 surat suara nah agar paham gitu dalam proses pencoblosan nanti,” kata Ali.

Sementara Bupati Tangerang Zaki Iskandar hadir meninjau acara simulasi tersebut. Ia mengatakan pihaknya sudah berdialog dengan para masyarakat dan bertanya apa saja kesulitan yang dialami selama simulasi dalam mencari atau melihat surat suara.

“Ya alhamdulillah sebagian besar biaa lancar-lancar saja. Tapi ya ini bilik suaranya terlalu kecil untuk beberapa surat suara sebesar itu yah,” ucapnya.

Selain di wilayah pedesaan, KPU Kabupaten Tangerang pun akan menggelar simulasi di wilayah perkotaan agar juga dapat mengetahui representasi dari masyarakat wilayah perkotaan. (Ais)