Home Berita Bawaslu Tangsel Bakal Tindak Tegas Praktik Politik Uang

Bawaslu Tangsel Bakal Tindak Tegas Praktik Politik Uang

0

Potensi praktik politik uang bisa saja terjadi menjelang ajang pesta demokrasi lima tahunan. Terlebih, pemilih masih banyak yang kebingungan dengan adanya lima kertas suara dengan variasi warna.

Salah satu warga Rawa Buntu, Eva Latifa mengaku hingga kini ia belum mengetahui siapa calon legislator (caleg) yang akan dipilihnya.

“Yang saya kenali ya cuma calon presiden aja karena cuma ada dua. Nah, yang caleg ini banyak pilihannya, belum lagi soal daerah pemilihan (dapil). Untuk Pileg 2019 aja kan ada tiga lembaga yang harus dipilih, mulai dari DPRD Kota Tangsel, DPRD Provinsi Banten, dan DPR RI,” ungkapnya.

Warga Jalan Beo Asia Afrika, Kedaung, Ciputat, Desy Nurul juga menuturkan hal senada. Ia mengaku, baru kali ini turut serta Pemilu 2019.

“Karena waktu Pilkada 2015 lalu saya masih kuliah di Bandung dan gak sempat pulang. Ya kalo soal politik uang pasti saya tolak dong,” katanya.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangsel, Muhammad Acep menegaskan, bakal menindak tegas bagi siapapun yang melakukan praktik politik uang, baik caleg maupun tim suksesnya.

“Kalau terjadi di Tangsel ya pasti kami bawa kasusnya ke Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dengan catatan syarat formil dan materilnya terpenuhi,” imbuhnya.

Saat ditanya terkait dugaan praktik haram tersebut, ia mengaku belum mendapat laporan dari masyarakat setempat.

“Belum ada laporan yang masuk ke Bawaslu hari ini,” pungkasnya. (vin)