Peristiwa terganggunya supply listrik dari Main Power System 3 (MPS 3) ke sejumlah area pelayanan di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) yang terjadi pada Senin (15/7/2019) sekitar 04.58 WIB telah berakibat beberapa jadwal penerbangan mengalami keterlambatan.
PT Angkasa Pura II (Persero) melalui Senior Manager Of Branch Communication and Legal, Bandara Soetta, Febri Toga Simatupang menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang diakibatkan gangguan listrik tersebut.
“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Setelah kurang lebih beberapa detik. Sistem backup genset mengcover dan melakukan pemulihan sampai seluruh kegiatan pelayanan operasional penerbangan kembali normal ,” ujarnya.
Febri menjelaskan, ada pun fasilitas yang terganggu merupakan fasilitas. Seperti fasilitas check-in dan baggage handling system terpaksa sempat dilakukan secara manual. Sebab, fasilitas check-in memerlukan recovery 10-15 menit. Sedangkan baggage handling system memerlukan restart sekitar 30 menit.
Untuk penyebab terganggunya aliran listrik dari MPS 3, pihak Angkasa Pura II masih dalam penelusuran unit terkait.
“Saat ini kami terus melakukan investigasi dan evaluasi. Dan, kondisinya kini telah normal kembali,” tuturnya. (Rmt)