Home Berita Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Mauk Musran Tahun 2019

Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Mauk Musran Tahun 2019

0

Bertepatan dengan hari jadi Parmuka Ke-58, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Mauk menggelar Musyawarah Ranting yang diikuti perwakilan gugus depan tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK Se-Kecamatan Mauk, dengan tema “Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”, Rabu (14/8/2019).

Acara berlangsung di aula Otto Iskandardinata dan dihadiri Camat Mauk, Sekcam Mauk, Ketua Kwarran Mauk, Kapolsek Mauk, Koramil 9/Mauk, Dewan Kerja Ranting (DKR), para kepala sekolah, kepala puskesmas Mauk dan ketua PGRI.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Mauk selaku Wakil Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) Mauk, Kak Cucu Abdurrosyied membuka musyawarah ranting mengatakan, dengan kepengurusan Pramuka ini benar-benar bisa membawa Pramuka Mauk ini lebih maju dan lebih baik. Kegiatan kepramukaan bagi generasi muda di zaman globalisasi dan pengaruh narkoba.

Kak Cucu mengatakan bahwa Pramuka adalah salah satu usaha untuk membentengi generasi muda dari hal-hal yang negatif. Kak Cucu juga berpesan kepada pengurus yang baru harus transparansi terhadap anggaran semua managemen harus dibenahi dan dirapikan, dan kegiatan pramuka dimauk lebih maju dan berkembang.

“Mungkin salah satu upaya membentengi generasi muda hari ini dengan Pramuka ini, makanya bagaimana kedepannya Pramuka bisa eksis dan bisa berkiprah di tengah-tengah masyarakat dalam rangka upaya kita membentengi generasi muda memerangi narkoba,” tuturnya.

Kak Cucu juga mengimbau kepada guru-guru yang telah mengikuti kursus baik Kursus Mahir Dasar maupun Kursus Mahir Lanjutan, agar aktif mengajarkan Pramuka di gugus depannya masing-masing. “Sesuai moto pramuka satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan”.

“Ketika kita bicara tentang kepengurusan kita harus banyak pengorbanan. Ketika kita belum maksimal untuk berkorban baik tenaga, waktu dan pikiran. Dirinya juga berharap agar para mabigus, pembina pramuka, pelatih pramuka ini berkorban sehingga nanti gugus ini bisa aktif untuk mengembangkan kegiatan kepramukaan di masing-masing gugus depan, pasalnya kegiatan pramuka tanpa didukung semua elemen tidak akan maju, ikhlas bhakti bina bangsa berbudi bawa laksana,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Kecamatan Mauk terpilih Napiuddin mengatakan, terpilihnya sebagai calon tunggal ketua Kwarran Kecamatan Mauk ini amanah yang harus dilaksanakan.

“Mudah-mudahan saya bisa memimpin dan melanjutkan program-program yang sudah berjalan yang dilakukan ketua sebelumnya,” ucapnya.

Kemudian kedepannya kepramukaan khususnya Gerakan Pramuka Kwartir Mauk, dapat mencetak generasi dibidang pendidikan khususnya dibidang kepramukaan ini. Lebih lanjut Napiuddin mengungkapkan, untuk saat ini dirinya belum bisa berbicara banyak. “Sesuai dengan program-program yang ada dengan rekan-rekan sesuai formatur yang ada itu yang saya lanjuti,” tuturnya.

Untuk Kesekretariatan Gerakan Pramuka Kwartir Mauk, masih kata Napiuddin sedang direhab. “Insya Allah satu bulan ini selesai, harapannya Pramuka Kwartir Mauk, Pramuka yang bermutu dan berguna bagi bangsa Indonesia,” tandasnya.(Sam)