Home Berita Puan Maharani Jadi Ketua DPR RI 2019-2024

Puan Maharani Jadi Ketua DPR RI 2019-2024

0

Putri pertama dari Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani Nakshatra Kusyala, malam ini resmi menjadi Ketua DPR RI periode 2019-2024. Puan bersama empat orang wakilnya ditetapkan dalam rapat paripurna perdana DPR.

Rapat paripurna digelar di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Rapat dipimpin pimpinan DPR sementara, Abdul Wahab Dalimunthe, dari Fraksi Demokrat di dampingi Hillary Brigitta Lasut dari Partai Nasdem.

Abdul Wahab membacakan hasil keputusan rapat konsultasi yang telah digelar hari ini dan telah menetapkan 5 pimpinan DPR periode 2019-2024.

Partai yang berhak mendapat kursi pimpinan DPR adalah PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Nasdem, dan PKB. PDIP berhak mendapatkan jatah kursi Ketua DPR karena keluar sebagai pemenang Pemilu 2019, disusul Golkar, Gerindra, Nasdem dan PKB sebagai Wakil Ketua DPR.

“Puan Maharani dari PDIP sebagai Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin dari Golkar sebagai Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco dari Gerindra sebagai Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel dari NasDem sebagai Wakil Ketua DPR RI, A Muhaimin Iskandar dari PKB sebagai Wakil Ketua DPR RI,” kata Ketua DPR Sementara yang memimpin sidang paripurna.

Kemudian, kelima pimpinan DPR diambil sumpah/janji jabatan. Pengambil sumpah dipimpin Ketua MA Hatta Ali.Setelah itu, Ketua MA memberikan menyerahkan palu sidang dan buku kepada Ketua DPR dan membetikan ucapan selamat dan foto bersama dengan para Wakil Ketua DPR dan Megawati Soekarnoputri. Acara kemudian dilanjutkan dengan pidato dari Ketua DPR RI, Puan Maharani.(MRZ)