Home Berita Ibu-ibu PKH Sukamulya Diberikan Pengetahuan Peningkatan Keluarga

Ibu-ibu PKH Sukamulya Diberikan Pengetahuan Peningkatan Keluarga

0

Kelompok ibu-ibu penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Bunar, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, diberikan pengetahuan tentang meningkatkan kemampuan keluarga oleh para pendamping, di salah satu rumah warga. Hal tersebut dilakukan agar para penerima bantuan bisa mandiri dan meningkatkan perekonomian keluarganya.

Pendamping PKH Kecamatan Sukamulya, Acep mengatakan, masyarakat yang menerima bantuan PKH diberikan pemahaman peningkatan kemampuan keluarga, dengan mempelajari 5 modul sekaligus. Diantaranya Modul Tentang Pengasuhan dan Pendidikan Anak, Pengelolaan Keuangan dan Perencanaan Usaha, Kesehatan Gizi, Perlindungan Anak, dan Perlindungan Sosial serta Lansia.

“Jadi para penerima ini tidak hanya diberikan bantuan tentang materi, mereka juga diberikan bantuan tentang pemahaman atau pengetahuan, agar menjadi masyarakat yang mandiri dan bisa meningkatkan perekonomiannya menjadi lebih baik lagi,” ucap Acep, Rabu (2/10/2019).

Menurut Acep, para penerima bantuan PKH harus diberikan semangat untuk meningkatkan ekonominya, dengan cara diberikan pengetahuan tentang perencanaan usaha. Acep mengatakan, masyarakat jangan sampai nyaman dengan ketergantungan terhadap bantuan dari pemerintah. Kalau sampai ketergantungan, kata dia, dikhawatirkan masyarakat jadi malas dan tidak ada keinginan untuk memperbaiki nasibnya.

“Mereka harus bisa mandiri, tetapi bukan berarti kita meninggalkannya. Kita memberikan mereka bekal terlebih dahulu, agar benar-benar bisa mandiri secara ekonomi, karena yang membutuhkan bantuan juga masih ada. Jadi regenerasi penerima bantuannya. Baru bisa dibilang berhasil,” pungkasnya. (Sam)