Beranda Berita Hari Guru Nasional, Begini Harapan Guru Anak Berkebutuhan Khusus SKh 01

Hari Guru Nasional, Begini Harapan Guru Anak Berkebutuhan Khusus SKh 01

0

Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) menjadi momentum seluruh lapisan masyarakat mengingat perjuangan seorang guru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Peran guru sangat mempengaruhi kemajuan Sumber Daya Manusia suatu negara, tak terkecuali bagi Guru Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SKh Negeri 01 Kabupaten Tangerang.

Wiwik Sundari, sebagai guru senior yang telah mengajar anak-anak berkebutuhan khusus selama 32 tahun, mengaku jika banyak tantangan yang dirinya hadapi ketika mulai mengajar anak berkebutuhan khusus.

“Kalau saya dari awal tahun 87 pertama kali mengajar anak-anak berkebutuhan khusus yah, jadi sudah lama sekali,” jelasnya saat ditemui, Senin (25/11/2019).

Menurut Wiwik, pola ajar yang dilakukan sangatlah berbeda dengan mengajar di sekolah biasa.

“Yang pastinya harus lebih sabar karena kan mereka beda dengan anak-anak yang lainnya, jadi harus pelan-pelan,” ungkapnya.

Untuk hambatan sendiri, lanjut Wiwik, adalah ketika apa yang kami ajarkan di Sekolah ternyata tidak dipraktekkan kembali di rumah.

“Misalnya saja seperti bila kita mengajarkan kemandirian di Sekolah, tapi di rumah orang tua dari siswa yang bersangkutan malah melayani semua kebutuhan secara berlebihan,” jelasnya.

Namun, untuk kesejahteraan guru serta bantuan dari pemerintah pihaknya mengaku sudah sangat cukup.

“Alhamdulillah karena ini negeri, semua tercukupi lah. Guru-guru juga, bantuan dari Provinsi juga tiap tahun ada,” tandasnya.

Wiwik berharap momentum peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 menjadi perhatian pemerintah supaya meningkatkan kesejahteraan guru dan percepatan perubahan status guru honorer menjadi guru tetap segera direalisasikan. (Ais)