Beranda Bandara East Cross Taxiway Bandara Soetta Dioperasikan, 4 Pesawat Langsung Melintas

East Cross Taxiway Bandara Soetta Dioperasikan, 4 Pesawat Langsung Melintas

0
Pesawat Garuda Indonesia PK-GFE melintas di East Cross Taxiway Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

East Cross Taxiway Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) mulai dioperasikan.

Pengoperasian pertama east cross taxiway atau jalur penghubung runway selatan dan runway utara tersebut langsung dilintasi oleh pesawat Garuda Indonesia dengan nomor registrasi PK-GFE tujuan Singapura pada hari ini, Senin (16/12/2019) pukul 16.40 WIB.

Selain 2 pesawat Garuda Indonesia, East Cross Taxiway tersebut juga telah dilintasi pesawat Air Asia dan Batik Air. Total untuk pengoperasian pertama ini terdapat 4 pesawat yang telah melintas.

Executive General Manager  Bandara Soetta, Agus Haryadi mengatakan, dengan dioperasikannya east cross taxiway tersebut dapat memangkas holding time (waktu tunggu) pesawat yang akan lepas landas (take off).

“Dengan dioperasikannya east cross taxiway ini diharapkan waktu tunggu pesawat pada saat akan take off menjadi lebih singkat yang selama ini relatif cukup lama berkisar 20 – 30 menit,” kata Agus.

Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II (Persero), Agus Haryadi (tengah). foto: tangerangonline.id

Dijelaskannya, pengoperasian east cross taxiway tersebut juga merupakan langkah PT Angkasa Pura II (Persero) untuk kelancaran angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 (Nataru).

“Hal penting dari pengoperasian ini adalah, selain untuk mendukung sirkulasi pergerakan pesawat udara khususnya dari apron utara menuju apron selatan atau sebaliknya, ini juga kami pastikan akan menambah terhadap dukungan di nataru tahun ini,” jelas Agus Haryadi.

East Cross Taxiway yang mulai dibangun pada Januari 2018 ini memiliki panjang 1.560 meter dengan lebar 60 meter. Fasilitas  ini desain untuk pesawat jenis Airbus A380 Jumbo.

“Walaupun saat ini A380 belum masuk ke Indonesia. Tapi kami pastikan jenis pesawat tersebut bisa melintasi east cross taxiway ini. Saat ini kami sedang mengupayakan juga untuk mencoba Boeing 777-300 yang dimiliki Garuda dan maskapai lain, mungkin akan kami lakukan besok,” tutur Agus. (Rmt)