Home Berita Libur Nataru 2020, BASARNAS Jakarta Siagakan Personel dan Perlengkapan SAR

Libur Nataru 2020, BASARNAS Jakarta Siagakan Personel dan Perlengkapan SAR

0

Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru (Nataru) 2020 tinggal menghitung hari. Momen itu tentunya banyak digunakan oleh masyarakat untuk merayakannya bersama keluarga atau liburan ke berbagai daerah.

Demi meningkatkan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) melakukan siaga SAR khusus dengan menempatkan personilnya di sejumlah titik yang menjadi konsentrasi massa di seluruh Indonesia.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta sebagai unit pelaksana teknis dari BASARNAS melaksanakan apel gelar pasukan pada Rabu (18/12/2019) pagi. Apel Kesiapasiagaan ini dipimpin oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Hendra Sudirman.

“Ada 7 titik yang akan ditempatkan oleh personil rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta dalam siaga khusus Nataru tahun ini kemudian personil nanti akan ada yang mobile untuk melakukan pemantauan di wilayah jabodetabek sebagai antisipasi terhadap hal yang akan terjadi,” tegas Hendra.

Adapun yang menjadi fokus Kantor SAR Jakarta antara lain, pemantauan jalur mudik angkutan Natal dan Tahun Baru serta pemantauan kawasan wisata yang menjadi konsentrasi massa.

Hendra menjelaskan, Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta akan menempatkan kurang lebih 65 personil dalam siaga Nataru tahun ini di beberapa titik wilayah kerjanya seperti Bandara Internasional Soekarno Hatta (Tangerang), Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta Utara), Pelabuhan Kali Adem (Jakarta Utara), Kawasan Wisata Kepulauan Seribu (Jakarta), Jalur Tol Cikarang Utama, dan terakhir adalah Kawasan Wisata Pelabuhan Ratu (Sukabumi).

“Dalam siaga Nataru tahun ini personil rescue juga akan dilengkapi dengan alat utama dan sarana pendukung yang dimiliki Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta seperti Rescue Carrier, Rescue Car, Rescue Truck, Truck Personil, Kapal Negara (KN) SAR 246 Karna, Rigid Inflatable Boat (RIB), Rescue Boat (RB) 410,  Jetski, Peralatan Medis, Peralatan Selam, Peralatan Ekstrikasi, dan Peralatan Urban SAR,” tandas Hendra. (Rmt)