Beranda Berita Pertanian Terpadu Akan Hadir di Mauk

Pertanian Terpadu Akan Hadir di Mauk

0

Membangun pertanian yang terintegrasi antara pertanian, peternakan dan perikanan akan menjadi daya dukung ketahanan pangan bagi keluarga. Dalam pembangunan pertanian terpadu ini, Karang Taruna dan Himaputra akan bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Mauk dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Tangerang.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Mauk, Ahmad Satibi mengatakan, konsep awal membangun  pertanian terpadu ini, yang terintegrasi antara pertanian, peternakan dan perikanan dalam satu kesatuan. Dalam hal ini, bagaimana pertanian yang terintegrasi dapat dikembangkan di lahan milik pemerintah.

“Untuk membangun pertanian terpadu mesti diawali dengan memanfaatkan lahan di sekitar seperti  ada lahan milik pemerintah ini yang bisa dimanfaatkan, pekarangan rumah, dan ini mesti terintegrasi antara pertanian, peternakan dan perikanan,” ujar Abil sapaan akrab Ahmad Satibi yang pernah menjabat Ketua Himaputra.

Kemudian masalah konsep pertanian terpadu ini, Abil mengatakan, untuk pertanian, mesti di pilih ragam tanaman yang berumur pendek, seperti; aneka jenis sayuran, misalnya sawi, kangkung, selada, tomat dan lainnya. Sedangkan untuk ternak, upayakan jenis unggas, seperti  ayam maupun burung dan untuk jenis ikan yang dibudidayakan, ikan yang mudah dipelihara seperti; lele, nila, bawal dan ikan emas.

“Dalam membangun pertanian terpadu, pilihlah jenis tanaman, ternak dan jenis ikan yang mudah dibudidayakan atau dapat di panen dengan cepat,” terangnya.

Abil menjelaskan, bukan saja konsep pertanian saja yang akan dibangun dengan luas tanah 600 meter persegi, akan tetapi dilahan itu juga akan dibangun sawah kering, kuliner area bermain, area ikan, taman baca, bioplang, dan saung burung, bahkan untuk media center pun akan dibangun.

“Kita akan bangun dengan konsep ekonomi kerakyatan, warga mauk kedepan ekonominya bisa meningkat,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Tangerang Utara Nuradi mengatakan, pertanian terpadu ini kerjasama semua stekholder yang ada, tujuannya adalah memberdayakan masyarakat yang ada dimauk dengan mempunyai keahlian masing-masing dibidangnya. Kedepan perekonomian warga mauk lebih meningkat lagi.

“Kami harap konsep ini bisa didukung semua pihak, demi kemajuan pembangunan di wilayah Mauk,” tandasnya. (Sam)