Home Bandara KA Bandara Mulai Beroperasi 1 Juli, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Penumpang 

KA Bandara Mulai Beroperasi 1 Juli, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Penumpang 

0

BANDARA SOETTA – Kereta Api (KA) Bandara akan kembali melayani penumpang mulai, Rabu, 1 Juli 2020. Pengoperasian kembali KA Bandara ini tetap diikuti dengan protokol pencegahan Covid-19 yang ketat.

Protokol pencegahan Covid-19 mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian corona virus disease (Covid19).

Juga sejalan dengan Surat Edaran Ditjenka Kemenhub No 14 Tahun 2020 Tanggal 8 Juni 2020 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Pengendalian Transportasi Perkeretaapian dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru untuk Mencegah Penyebaran Covid-19.

“Kereta Api Bandara Soekarno- hatta kembali melayani penumpang mulai 1 Juli 2020, PT Railink telah menyusun langkah- langkah Adaptasi Kebiasaan baru yang harus dipatuhi oleh penumpang saat berada di area Stasiun dan saat di dalam perjalanan Kereta Api Bandara,” kata Plt Direktur Utama PT Railink, Mukti Jauhari, Senin (29/6/2020).

Adapun ketentuan bagi calon penumpang, pendamping, atau pengunjung KA Bandara diantaranya;

  1. Wajib menggunakan masker saat berada di area stasiun maupun didalam perjalanan Kereta Api Bandara
    2. Wajib menjaga jarak minimal satu (1) meter atau mengikuti tanda/marka yang tersedia dengan penumpang lainnya atau petugas
    3. Penumpang dengan suhu tubuh lebih dari 37,3C tidak diperkenankan naik Kereta Api Bandara
    4. Untuk menghindari kontak fisik, disarankan membeli tiket Kereta Api Bandara secara online melalui website, aplikasi Railink, maupun mitra Railink
    5. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat, rutin cuci tangan, tidak meludah, buang sampah pada tempatnya, dan hindari menyentuh wajah
    6. Lapor ke petugas jika merasa dan tidak sehat dan apabila calon penumpang/ penumpang tersebut memiliki gejala mirip Covid19 maka dianjurkan segera mnguhubungi nomor layanan Covid19 di 112, 081-112-112-112 dan 081-388-376-955 ( Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta)

Apabila tidak memenuhi ketentuan, penumpang tidak diperkenankan untuk melakukan perjalanan menggunakan Kereta Api bandara dan tiket dapat dibatalkan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penumpang menyerahkan boarding pass kepada petugas customer service dan melengkapi data sesuai form yang telah tersedia. Jika memiliki tiket kembali (return) juga dapat langsung dilakukan proses pembatalan
    2. Pembatalan tiket juga dapat melalui email ke alamat info@railink.co.id dengan melengkapi data nama lebgkap, telpon, kode booking, relasi, harga tiket, jumlah tiket, nomor rekening, dan nama bank
    3. Pengembalian dana pembelian tiket sesuai harga tiket (penuh) diluar bea pesan
    4. Pengembalian dana pembatalan tiket di proses dengan cara transfer maksimal 30 hari kalender.

“ Selain itu, PT Railink sedang mempersiapkan layanan yang lebih prima ditatanan normal yang baru seperti, penerapan protokol kesehatan bagi seluruh petugas Kereta Api Bandara, penyemprotan cairan disinfektan secara berkala, penempatan wastafel, hand sanitizer, menyediakan sabun cuci tangan di dalam toilet KA Bandara serta fasilitas terbaru berupa pemasangan sekat pembatas antar kursi kereta dan hari ini kami melaksanakan rapid test bagi seluruh petugas dan karyawan PT Railink dengan tujuan untuk memastikan bahwa semua petugas kami dalam kondisi sehat dan siap melayani penumpang KA Bandara mulai tanggal 1 Juli nanti”, tambah Mukti.

Pada tahap awal, PT Railink hanya menjual tiket 70% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia untuk menciptakan physical distancing selama dalam perjalanan. Tiket dapat dipesan secara online melalui aplikasi Railink, website, mitra Railink maupun secara offline di mesin tiket dan Point Of Sales (POS) masing- masing Stasiun.

“Tiket Kereta Api Bandara tersedia di seluruh kanal penjualan tiket baik itu online maupun secara offline di masing- masing stasiun dengan harga tiket mulai dari Rp 10.000 dan selama masa promo di Bulan Juli ini, tidak ada pengembalian tiket terkecuali bagi penumpang yang tidak memenuhi ketentuan selama masa adaptasi kebiasaan baru”, tutup Mukti.

Khusus bagi penumpang Kereta Api Bandara yang menuju Bandara Soekarno- hatta, PT Railink menghimbau agar dapat menyesuaikan waktu keberangkatan mengacu pada persyaratan perjalanan pada masa New Normal untuk tiba dibandara 3 jam sebelum keberangkatan. (Rmt)