Home Bandara Adaptasi Kebiasaan Baru, Ini yang Dilakukan Yayasan Bayt El Samaa di Masjid...

Adaptasi Kebiasaan Baru, Ini yang Dilakukan Yayasan Bayt El Samaa di Masjid Bandara Soetta

0

Mewabahnya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di tanah air membuat masyarakat harus mengubah kebiasaan dalam setiap aktivitas dan beradaptasi dengan kebiasaan baru sesuai dengan arahan pemerintah.

Adaptasi kebiasaan baru ini juga harus diterapkan di rumah-rumah ibadah, tak terkecuali Masjid. Sejumlah sarana pendukung dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 pun disediakan.

Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Masjid- masjid yang berada di bawah pengurusan Yayasan Bayt El Samaa terus mengimbau masyarakat dan jemaah agar mengubah kebiasaan lama.

Pengurus Yayasan Bayt El Samaa Bandara Soetta, Ustadz Jaya Sukmana mengatakan, sejumlah sarana pendukung untuk penerapan protokol kesehatan dalam adaptasi kebiasaan baru di Masjid di Bandara Soetta. Salah satunya Masjid Nurul Barkah.

“Kami telah menyiapkan sejumlah sarana pendukung untuk adaptasi kebiasaan baru di Masjid-masjid di Bandara Soekarno-Hatta ini. Mulai dari penyediaan sabun di tempat berwudhu, hand sanitizer di tempat-tempat yang mudah dijangkau oleh para jemaah,” kata Ustadz Jaya, Selasa (28/7/2020).

Selain itu, disinfeksi lantai dan tempat yang kerap disentuh oleh para jemaah juga dilakukan penyemprotan menggunakan cairan disinfektan secara berkala. Pemeriksaan suhu tubuh jemaah menggunakan thermogun juga dilakukan.

“Kami juga memberi tanda atau jarak barisan atau shaf jemaah di lantai masjid. Hal ini dilakukan untuk menerapkan physical distancing saat pelaksanaan sholat berjamaah,” ujar Jaya.

Kendati rutin dilakukan sterilisasi, Ustadz Jaya tetap memgimbau agar masyarakat atau pekerja yang beraktivitas di Bandara Soetta membawa alas sholat dari rumah.

“Kami menyarankan agar para jemaah membiasakan diri membawa sajadah dari rumah. Hal ini untuk mengurangi resiko tertular atau mencegah penyebaran Covid-19,” imbaunya.

Ustadz Jaya juga meminta kepada para jemaah yang menunaikan ibadah sholat di seluruh Masjid di Bandara Soetta agar beradaptasi dengan kebiasaan baru. Seperti rajin mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, menggunakan masker dan menjaga jarak aman dengan orang lain.

“Kita harus membiasakan diri dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat sesuai dengan arahan pemerintah. Semoga kita dijauhkan dari segala penyakit menular maupun tidak menular,” tandasnya. (Rmt)