Home Berita TNI-Polri Konsepkan Pengawalan Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju

TNI-Polri Konsepkan Pengawalan Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju

0

Selama lima hari kedepan, mulai tanggal 7-11 September 2020, TNI-Polri akan mengkonsepkan pengawalan pembangunan nasional menuju Indonesia maju. Hal itu dilakukan dalam rangkaian Program Kegiatan Bersama Kejuangan (PKB Juang) Tahun 2020 yang diikuti Perwira Siswa (Pasis) Sesko TNI, Peserta Didik (Serdik) Sespimti Lemdiklat Polri, Pasis Sesko Angkatan, Serdik Sespimmen Lemdiklat Polri dan Mahasiswa Pasca Sarjana dari beberapa perguruan tinggi secara daring. Perhelatan studi itu dibuka secara resmi Dansesko TNI Marsdya TNI Dedi Permadi, S.E., MMDS, Senin (7/9/2020).

Melalui seminar yang bertemakan “TNI-Polri Bersama Komponen Bangsa Siap Mengawal Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju”, Dansesko TNI Marsdya TNI Dedi Permadi, berharap Pasis Sesko TNI dan Serdik Sespimti Polri dapat menghasilkan naskah seminar dengan judul “Konsepsi Integrasi TNI Polri Bersama Komponen Bangsa Lainnya Guna Mendukung Pembangunan Nasional Dalam Rangka Menjamin Kelangsungan Hidup Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Kemudian Pasis Sesko Angkatan dan Serdik Sespimmen Polri dapat merumuskan naskah seminar berjudul “Optimalisasi Integrasi TNI Polri Bersama Komponen Bangsa Lainnya Guna Mendukung Program Pembangunan Sumber Daya Manusia Unggul Dalam Rangka Terwujudnya Kesejahteraan Masyarakat”.

Di Bangsal Srutasala, Seskoau, Wadan Seskoau Marsma TNI Jemi Trisonjaya, M.Tr (Han)., mewakili Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., selaku tuan rumah PKB Juang Tahun 2020 mengatakan, bahwa pembangunan SDM unggul merupakan tugas bersama dalam menciptakan bangsa yang kuat dan negara yang makmur, karena melalui SDM yang unggul, tangguh dan berkualitas baik secara fisik dan mental akan berdampak positif tidak hanya terhadap peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, nemun juga dalam mendukung pembangunan nasional dalam rangka terwujudnya kesejahteraan rakyat.

Dalam pembangunan nasional, kata dia, diperlukan stabilitas keamanan negara yang kondusif dan inilah tugas bersama untuk mewujudkannya didukung seluruh komponen bangsa guna mempertahankan keutuhan NKRI menuju Indonesia maju. Integrasi TNI-Polri bersama komponen bangsa menjadi salah satu kunci dalam menjaga stabilitas keamanan negara guna mendukung program pembangunan SDM unggul.

“Untuk itu, perlu dikonsepkan langkah nyata agar integrasi TNI-Polri bersama komponen bangsa tetap terjaga, saling mendukung untuk menciptakan stabilitas keamanan nasional sehingga pembangunan SDM unggul menuju Indonesia maju dapat berjalan sesuai rencana,” ujar Wadan Seskoau Marsma TNI Jemi Trisonjaya, seraya menjelaskan berbagai materi dan informasi telah diterima dari kegiatan sebelumnya.

Kegiatan yang dimaksud antara lain ceramah pembekalan PKB Juang oleh Presiden Joko Widodo, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz, dengan Panelis Rektor Universitas Padjajaran Prof. Dr. Rina Indiastuti yang menyampaikan materi Pembangunan SDM Unggul Menuju Indonesia Maju dan Pakar Politik, Dr. Susaningtyas Nefo Handayani yang menyampaikan materi Optimalisasi Integrasi TNI-Polri Mendukung Pembangunan SDM dan Kesejahteraan Masyarakat dengan Moderator Antik Bintari, S.IP., M.T

Acara dilanjutkan dengan seminar pra PKB Juang dengan panelis Seminar yang bertemakan “Optimalisasi Integrasi TNI Polri Bersama Komponen Bangsa Lainnya Guna Mendukung Program Pembangunan Sumber Daya Manusia Unggul Dalam Rangka Terwujudnya Kesejahteraan Masyarakat” mengundang narasumber antara lain Sekjen Kemhan RI Marsdya TNI Donny Ermawan T., M.D.S yang memaparkan tema “Bersama Membangun SDM Unggul Untuk Indonesia Maju”, kemudian Direktur Program Pasca Sarjana Ilmu Politik (Magister dan Doktoral) Universitas Padjajaran Prof. Muradi, S.S., M.Si., Ph.D., memaparkan tentang Integrasi TNI Polri : Aktor Keamanan dan Pembangunan SDM Unggul,  Direktur Eksekutif Center of Intelligence and Strategic Studies (CISS) Ngasiman Djoyonegoro yang menjelaskan Peran TNI Polri Dalam Mendukung Visi SDM Unggul, dan Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S. Pane yang memaparkan Optimalisasi Integrasi TNI Polri Guna Mendukung Pembangunan SDM Unggul : Perlu Standar Moral dan Integritas yang Tinggi, serta moderator Dr.Virienia Puspita, M.Pd.

Acara digelar dengan menyesuaikan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru (AKB), maka puncak PKB Juang ini diadakan secara daring dengan melibatkan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi dan meniadakan Pekan Olahraga PKB Juang.

Wadan Seskoau berharap meskipun diikuti secara daring dan meniadakan beberapa kegiatan, tidak mengurangi esensi dari tujuan PKB Juang dan para Pasis ataupun Serdik dapat mengikuti, menyimak, memberikan masukan serta tanggapan terhadap gagasan inovatif.

“Sehingga menyamakan visi dan persepsi dalam diskusi akademis terhadap tema yang diangkat dan akhirnya menghasilkan naskah seminar yang memiliki nilai strategis sebagai bahan masukan bagi pimpinan untuk menentukan kebijakan kedepannya,” paparnya.(MRZ)