Beranda Berita DPK KNPI Sepatan Bentuk Pemuda Tani

DPK KNPI Sepatan Bentuk Pemuda Tani

0

Dalam rangka peningkatan ketahanan pangan di tengah Pandemi Covid-19, Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Sepatan membentuk Pemuda Tani.

Sektor pertanian sebagai sektor pertahanan penting dalam memenangkan perang melawan Covid-19, ketersediaan pangan masyarakat sebagai upaya pencegahannya. Berbicara sektor pertanian, sektor pertanian merupakan bagian yang penting dan tidak bisa dipisahkan dengan sistem perekonomian.

“Untuk itu kami bersama rekan-rekan membentuk paguyuban pemuda tani sepatan, dan alhamdulillah sudah panen. Dan paguyuban ini juga dalam rangka membantu pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Tangerang dalam program ketahanan pangan,” terang Ade Muslihat, Ketua DPK KNPI Sepatan, Sabtu (7/11/2020).

Gobel sapaan akrab Ade Muslihat menuturkan, panen kali ini tidak melibatkan siapapun, karena paguyuban masih dalam tahap belajar. Pasalnya hanya melibatkan pengurus paguyuban saja. Dan fasilitasnya pun seadanya dikhawatirkan kurang baik.

“Panen berikut akan melibatkan semua muspika kecamatan, pihak desa, OKP, dan lainnya untuk ikut panen kangkung,” ucapnya.

Selain untuk meningkatkan ketahanan pangan, kata Ade bertujuan, agar para pemuda kaum milineal dapat berperan aktif, kreatif, inovatif dan mandiri ditengah Covid-19. Serta dapat berkontribusi membantu pemerintah dalam mensosialisasikan ke masyarakat untuk menanam sayuran di lahan kosong atau lahan tidur.

“Kalau semua masyarakat ikut nanam sayuran dan tanaman lainnya, kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi,” pungkasnya.(Sam)