Beranda News Update KPU Kabupaten Serang Belum Tetapkan Hasil Pilkada

KPU Kabupaten Serang Belum Tetapkan Hasil Pilkada

0

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Serang belum menyebutkan hasil kemenangan Pilkada serentak kemarin. Pihaknya, akan menetapkan hasil rekapitulasi suara lima hari kedepan guna mengantisipasi adanya gugatan dari salah satu Paslon ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Hal itu, dikatakan Ketua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasya saat rapat pleno terbuka disalah satu hotel, di Kabupaten Serang, Selasa (15/12).

Abidin mengatakan, rapat pleno tersebut dilakukan setelah melalui beberapa tahapan. Diantaranya rekapitulasi ditingkat KPPS, dan Kecamatan.

“Untuk penetapan paslon kita menunggu lima hari sampai tidak ada registrasi (gugatan) ke MK,” katanya.

Selain itu, Ia menyebutkan, tingkat partisipasi pemilih pada di Pilkada serentak 2020 Kabupaten Serang tidak target hanya mencapai 64 persen. Sebelumnya, KPU Kabupaten Serang menargetkan partisipan pemilih hingga 70 persen.

Kendati demikian, menurutnya, dibandingkan dengan angka partisipasi pemilihan kepala daerah pada tahun 2015, ada kenaikan siginfikan. Pada tahun itu hanya mencapai 50,8% persen.

“Ada kenaikan yang signifikan dibanding Pilkada sebelumnya. Meskipun saat ini tengah terjadi bencana non alam yakni Covid-19 dan bencana banjir. Tetapi masyarakat tetap datang ke TPS untuk mencoblos,” ujarnya.

Sampai saat ini, Ketua KPU Kabupaten Serang belum menyebutkan perolehan suara yang didapat oleh para Paslon, sebab rekapitulasi suara tingkat Kabupaten masih berlangsung. (Smn)