Home Berita BEM FISIP UMT Webinar, Mahasiswa Diminta Untuk Menulis Kritis

BEM FISIP UMT Webinar, Mahasiswa Diminta Untuk Menulis Kritis

0

Digelar secara daring menggunakan Zoom Metting, webinar yang bertajuk “Generasi Muda Literat Indonesia Maju” diikuti oleh 270 peserta yang digagas oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Sabtu (16/01/2021) sore tadi.

Hadir sebagai pembicara, yakni Aswan dan Afina Naufalia yang merupakan seorang Penulis serta Aktivis Kemanusiaan. Pembicara mengulas tentang tata cara serta penulisan artikel ilmiah yang baik dan benar.

“Menulis adalah salah satu elemen penting yang harus dikuasai oleh mahasiswa. Manfaatnya¬†tidak hanya dirasakan oleh orang yang bersangkutan, melainkan¬† juga seuruh pembaca tulisan,” ucap Aswan.

Dalam pemaparan materi pada webinar tersebut, Afina Naufalia juga menjelaskan tentang penulisan kata perkata serta paragraf dalam penulisan sebuah karya ilmiah.

“Harus kita perhatikan kata perkata, lalu apakah isinya ada atau merujuk pada plagiarisme,” ucapnya.

Dia juga menjelaskan, ketika menulis, para mahasiswa ditekankan agar kritis. Karena hal itu merupakan suatu hal untuk peka terhadap lingkungan sekitar dan memikirkan ide-ide pemecahan masalah.

“Pun harus lebih terbuka untuk terus menggali informasi dari berbagai sumber, misalnya lingkungan sekitar atau buku-buku untuk menemukan pemecahan masalah,” jelasnya.

Sementara itu, Iqbal Fiqry selaku Pjs Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UMT mengatakan bahwa kegiatan ini telah dilakukan sesuai dengan koridor yang ditetapkan pemerintah.

“Pandemi Covid-19 ini bukanlah sebuah penghalang bagi kita untuk terus menambah ilmu dan melakukan kegiatan yang bermanfaat,” tandasnya. (Ais)