Beranda News Update Makanan Khas Sate Bandeng Banten Disulap Jadi Burger

Makanan Khas Sate Bandeng Banten Disulap Jadi Burger

0

Demi meningkatkan minat konsumen, salah satu produsen sate Bandeng makanan khas Banten disulap menjadi makanan modern menjadi burger.

Cepi pemilik sate bandeng mengatakan, dirinya merubah sate bandeng menjadi burger dikarenakan angka pasar konsumen sate bandeng menurun dari tahun ke tahun. Maka dari itu, ia berinovasi menjadi makanan khas banten itu menjadi makanan modern, yakni burger.

“Kebanyakan Muda mudi di Kota Serang ini lebih banyak memilih junk food, makanya saya berinovasi merubah sate dari ikan bandeng menjadi burger,” kata Cepi di kedai olahan Ikan Bandeng, di kediamanya Jalan Kiuju, Kaujon Tengah, Kelurahan Serang, Kecamatan Serang, Kota Serang, Minggu (17/1).

Sama halnya seperti membuat sate bandeng dan burger, kulit serta tulang dipisahkan dari daging ikan bandeng. Kemudian, olahan daging ikan bandeng dengan resep turun menurun disimpan diantara tumpukan roti sayur, ditambah dengan saus dan mayonis sebagai pelengkap.

“Burger ikan bandeng ini sama seperti burger biasanya yang membedakan cuma dagingnya,” jelasnya.

Selain itu, ia juga mengolah ikan bandeng menjadi Es Cendol dan Kerupuk Kulit. “Jadi tidak ada yang dibuang,” ujarnya.

Kang Cepi mengungkapkan, termotivasi membuat kedai olahan Ikan Bandeng sejak diajak study banding oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Serang pada 2003 lalu.

Dirinya melihat pada daerah Jawa Barat Ikan Lele dapat diolah menjadi varian jenis makanan mulai dari Cendol Lele sampai Burger Lele.

“Awalnya di 2003 hanya membuat makanan Sate Bandeng. Saya pun termotivasi dan kembangkan selama 18 tahun hingga 2021. Alhamdulillah mendapatkan omset pertahun senilai Rp 85 juta,” ujarnya.

Untuk pememesan, kata Cepi, bisa langsung datang ke Jalan Kiuju, Kaujon Tengah, Kelurahan Serang, Kecamatan Serang, Kota Serang.

Bahkan bisa melalui Media Sosial (Medsos) seperti Facebook dengan nama Sate Bandeng Kang Cepi, dan Instgram @Satebandeng69. Atau melalui nomor Whatshapp 081807769940.

“Harga kisaran Cendol Bandeng di bandrol Rp 5 Ribu, Burger Bandeng Rp 13 Ribu, Cula Badak Rp 20 ribu perseratus gram, Kerupuk Kulit Bandeng Rp 12 Ribu, dan Stik Milk Fish Bone seharga Rp 10 Ribu,” ungkapnya. (Smn)