Home Bandara Bongkar Sindikat Pemalsu Surat Tes COVID-19, Polresta Bandara Soetta Diapresiasi

Bongkar Sindikat Pemalsu Surat Tes COVID-19, Polresta Bandara Soetta Diapresiasi

0

Jajaran Polresta Bandara Soekarno-Hatta berhasil membongkar praktik pemalsuan dan jual beli surat keterangan bebas Covid-19. Dalam kasus ini, sebanyak 15 orang diamankan Polisi.

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mengapresiasi dan berterima kasih kepada jajaran Polres Bandara Soetta yang telah membongkar sindikat pemalsu surat keterangan hasil tes COVID-19.

Executive General Manager Bandara Soetta Agus Haryadi mengatakan, pihaknya mendukung penuh Polres Bandara Soetta dalam memberikan rasa aman kepada para penumpang pesawat, yang diantaranya direlisasikan dengan memberantas sindikat surat palsu hasil tes COVID-19.

Agus Haryadi menuturkan, Polres Bandara Soetta merupakan salah satu unsur yang memperkuat aspek keamanan di Bandara Soekarno-Hatta untuk memberantas tindakan yang dapat merugikan bagi penumpang pesawat dan pengunjung bandara.

“Dengan mengungkap sindikat pemalsu surat keterangan tes COVID-19, Polres Bandara Soekarno-Hatta, beserta stakeholder lainnya, telah melakukan tindakan nyata untuk mendukung tujuan bersama yakni penerbangan sehat di Bandara Soekarno-Hatta. Kami sangat mengapreasi dan berterima kasih kepada jajaran Polres Bandara Soekarno-Hatta yang telah membongkar adanya oknum dan sindikat surat keterangan palsu,” kata Agus, Senin (18/1/2021).

“Kami mengecam pemalsuan surat tes COVID-19 ini. kami pastikan juga bahwa tidak ada karyawan AP II yang menjadi oknum atau bergabung di sindikat ini,” tambahnya.

Agus menjelaskan, surat keterangan hasil tes COVID-19 harus dimiliki oleh calon penumpang pesawat setelah benar-benar melakukan tes COVID-19 di fasilitas kesehatan, dan setibanya di Bandara Soekarno-Hatta surat keterangan tersebut akan divalidasi oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan (KKP Kemenkes).

Lebih lanjut, kata Agus,  AP II tidak mentolerir oknum yang melakukan perbuatan melawan hukum seperti menawarkan, membuat, dan memberikan surat palsu tes COVID-19 kepada calon penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta.

“Kami mengajak seluruh stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta untuk merapatkan barisan dan meningkatkan kewaspadaan untuk tidak memberi ruang bagi surat palsu tes COVID-19,” tuturnya. (Rmt)