Home Bandara Surat Bebas Covid-19 Palsu Lolos di Bandara Soetta, Pengguna Terancam Pidana

Surat Bebas Covid-19 Palsu Lolos di Bandara Soetta, Pengguna Terancam Pidana

0

Jajaran Polresta Bandara Soekarno-Hatta berhasil membongkar praktik pemalsuan dan jual beli surat keterangan bebas Covid-19.

Sebanyak 15 orang diamankan Tim Garuda Sat Reskrim Polresta Bandara Soetta. Mereka masing-masing berinisial MHJ, M, ZAP, AA, U, YS, SB, S, S alias C, IS, C alias S, RAS, dan PA.

Selain pelaku, penumpang pesawat yang telah menggunakan surat bebas Covid-19 palsu terancam pidana.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menuturkan, setidaknya 213 penumpang telah menggunakan surat bebas Covid-19 palsu untuk perjalanan transportasi udara melalui Bandara Soetta

“Ada 213 (penumpang yang menggunakan surat palsu). Masih didata penumpang yang lain, bagaimana kedepan akan kita lakukan pemanggilan kepada yang bersangkutan, hampir semua penumpang tau (palsu) karena tidak dilakukan uji test,” kata Yusri Yunus di Mapolres Bandara Soetta, Tangerang, Senin (18/1/2021).

Saat ini, jajaran Polresta Bandara Soetta masih mengembangkan kasus tersebut dan mengejar pelaku lainnya.

“Kita akan dalami, kemungkinan-kemungkinan ada pelaku lainnya. Yang masih melakukan praktik ini segera berhenti! Kami tidak akan segan-segan menindak dengan tegas. Berhenti!” tegas Yusri.

Seluruh pelaku disangkakan pasal berlapis yaitu UU nomor 6 tentang Kekarantinaan Kesehatan, UU Nomor 4 tentang wabah penyakit menular, pasal 263 KUHPidana, dan 268 ayat 1 KUHPidana, dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara. (Rmt)