Home Bandara Terlibat Peredaran USD Palsu, Polres Bandara Soetta Tangkap Guru Honorer

Terlibat Peredaran USD Palsu, Polres Bandara Soetta Tangkap Guru Honorer

0

Tim Garuda Sat Reskrim Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mengamankan 3 orang pelaku pengedar uang dollar Amerika Serikat (USD) palsu.

Mereka masing-masing berinisial R (41), A (37) dan TP (55). Tersangka A merupakan seorang guru honorer di salah SMA di Tangerang.

Kapolresta Bandara Soetta, Kombes Pol Adi Ferdian Saputra menuturkan, pengungkapan kasus uang Dollar atau USD palsu ini berawal dari informasi masyarakat.

“Dari informasi tersebut dilakukan penyelidikan dan kami berhasil menangkap 3 orang dalam waktu yang berbeda-beda,” ungkap Adi Ferdian di Mapolres Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (28/1/2021).

Kapolres menjelaskan, ketiga tersangka diamankan di waktu dan tempat yang berbeda. Mereka memiliki peran masing-masing dalam kasus USD palsu ini.

Tersangka pertama atau R adalah pemilik uang palsu, kemudian dia memberikan barang tersebut kepada TP untuk ditukarkan dengan rupiah. Kemudian Oleh TP, uang tersebut dibagi dua dengan A untuk membantunya mengedarkan uang palsu tersebut.

“Tersangka R ditangkap tanggal 2 Januari 2021. Yang bersangkutan dalam kasus mendapatkan sebanyak 10 gepok masing-masing satu gepok USD 1.000 atau total USD 100 ribu dari seseorang berinisial A,” ujar Kombes Adi Ferdian.

Tersangka R menerima 1.000 lembar Dollar US palsu pecahan USD100 dari A. A sendiri kini dalam pengejaran Polisi alias DPO.

“Uang palsu tersebut merupakan milik tersangka R yang kemudian diberikan kepada TP untuk diedarkan. Tersangka TP lalu memberikan uang tersebut sebanyak USD 60.000 kepada A untuk ditukarkan dengan rupiah,” kata Adi.

Namun, sebelum uang USD palsu tersebut diedarkan  ketiga tersangka lebih dulu ditangkap oleh Tim Garuda Sat Reskrim Polresta Bandara Soetta.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 244 KUHPidana dan atau Pasal 245 KUHPidana dan atau Pasal 250 KUHPidana dengan ancaman kurungan penjara selama 15 tahun. (Rmt)