Beranda Bandara Garuda Gandeng Angkasa Pura Kargo Hadirkan Fasilitas Cargo Incoming Lounge di Bandara...

Garuda Gandeng Angkasa Pura Kargo Hadirkan Fasilitas Cargo Incoming Lounge di Bandara Soetta

0

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia bekerja sama dengan Angkasa Pura Kargo (APK) pada Rabu (1/9) meresmikan Cargo Incoming Lounge di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

Cargo Incoming Lounge merupakan fasilitas penyediaan layanan jasa pengambilan barang untuk layanan kargo Garuda Indonesia di Terminal Kargo Bandara Soetta.

Melalui fasilitas Cargo Incoming Lounge tersebut, pelanggan kargo Garuda Indonesia akan mendapatkan added value layanan kargo dan logistik berupa kemudahan dan kenyamanan aksesibilitas layanan pengambilan barang kargo untuk direct customer kargo Garuda Indonesia di Bandara Soetta

Selain itu, hadirnya Cargo Incoming Lounge ini juga menjadi wujud sinergitas bersama Garuda Indonesia dan Angkasa Pura Kargo dalam menghadirkan aksesibilitas layanan kargo yang terintegrasi bagi direct customer Garuda Indonesia.

Adapun saat ini Cargo Incoming Lounge tersedia di dua lokasi yaitu di area CSC KSO Bandara Soekarno Hatta serta Area Jasa Perusahaan Titipan (JPT).

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengungkapkan hadirnya fasilitas layanan itu diharapkan dapat semakin mendekatkan touch point layanan kargo bagi seluruh pengguna jasa kargo Garuda Indonesia khususnya direct customer atau pemilik barang berupa penyediaan fasilitas one stop service pengambilan barang kargo yang aman, nyaman, cepat dan terpercaya.

“Sejalan dengan tren peningkatan jumlah kargo yang diangkut di setiap penerbangannya, Garuda Indonesia terus berupaya untuk mengoptimalkan kualitas layanan bisnis kargo melalui berbagai pengembangan infrastruktur layanan penerbangan kargo yang disinergikan bersama seluruh stakeholder penerbangan terkait,” kata Irfan, Kamis (2/9/2021).

Ia menjelaskan, dengan rata-rata trafik angkutan kargo sebesar 100 ribu ton yang dilayani Garuda Indonesia melalui Bandara Soetta setiap tahunnya, layanan tersebut diharapkan akan semakin meningkatkan pangsa pasar pengiriman kargo melalui Bandara dengan kode CGK ini menjadi salah satu hub terbesar pendistribusian kargo domestic Garuda Indonesia.

“Lebih lanjut, melalui fasilitas ini kami harapkan akan lebih dapat memberikan kemudahan dan ragam pilihan layanan penunjang kargo, khususnya untuk pengambilan barang kargo Garuda Indonesia di Bandara Soetta sehingga kedepannya kami harapkan tidak hanya dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan jasa cargo Garuda Indonesia namun juga dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional melalui dukungan percepatan pendistribusian logistic masuk dan keluar dari dan menuju Jakarta, tutur Irfan.

Sementara itu, Direktur Utama Angkasa Pura Kargo, Gautsil Madani mengungkapkan bahwa kedepannya layanan cargo lounge akan tersebar di cabang lainnya.

“Prioritas kami terdekat di bandara-bandara besar seperti Kualanamu (Medan) , Pontianak, Pekanbaru dan Palembang. “Untuk potensi pasar sendiri sangat bagus. Untuk Kargo Garuda sendiri bisa sebanyak 200 ton per bulan, dimana angka ini signifikan. Ini baru salah satu dari titik pelayanan kargo APK, masih ada lini lain yang bisa di integrasi,” tutur Gautsil.

Melalui kemitraan tersebut, kedepannya Garuda Indonesia dan Angkasa Pura Kargo sepakat untuk terus mengoptimalkan potensi bisnis layanan jasa kargo dengan mengembangkan kerja samanya melalui fasilitas yang aman dan nyaman khususnya kepada direct customer guna menunjang ekosistem bisnis logistic dan kargo yang lebih kompetitif. (Rmt)