Home Berita Wisata Adat Baduy di Lebak Banten Kembali Dipadati Pengunjung

Wisata Adat Baduy di Lebak Banten Kembali Dipadati Pengunjung

0

Penulis : Fahrur Roji

(Mahasiswa Universitas Pamulang)

Lebak Banten – Kawasan adat Baduy di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak kembali dipadati wisatawan. Hal ini terlihat dari kepadatan diarea parkir yang terletak di Desa Bojong Menteng, Kecamatan Leuwidamar sebagai pintu masuk menuju kawasan Baduy.

Sebelumnya, kawasan yang dikenal dengan ketahanan pangannya itu sempat ditutup. Selain karena berkenaan dengan pandemi Covid-19, juga berkaitan dengan Ritual Kawalu yang berlangsung sejak Februari-Mei 2021.

Salah seorang pemilik warung di kawasan adat baduy, Adel mengaku keramaian terjadi sudah hampir dua bulan. Bukan saja wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun sudah mulai ramai berdatangan.

“Ramai saja sekarang mah setiap hari. Jadi bukan hari libur saja. Hari biasa juga ramai, orang bule juga sudah banyak yang datang. Bulan ini saja ada tuh satu mobil travel. Padahal sudah dua tahun lebih tidak melihat,” kata Adel, Minggu (19/9/2021).

Dia mengatakan, dengan banyaknya kunjungan wisatawan tentunya memberikan dampak terhadap perekonomian masyarakat yang berada di lingkungan Baduy.

“Alhamdulillah ada saja sekarang mah. Ya penghasilan mah tergantung yah yang namanya rezeki,” tutupnya.