Home Berita DPRD Tangsel Ubah Susunan AKD

DPRD Tangsel Ubah Susunan AKD

0

DPRD Kota Tangsel merubah susunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dalam rapat paripurna perubahan AKD masa jabatan 2019-2024 di gedung DPRD Tangsel, Kamis (14/4/2022).

Ketua DPRD Kota Tangsel Abdul Rasyid mengatakan, rotasi AKD merupakan hal yang rutin dilakukan oleh DPRD Tangsel dalam kurun waktu 2 tahun 6 bulan kepada masing-masing anggota DPRD yang mewakili daerah pemilihan (Dapil) di Kota Tangsel.

“Jadi ini sesuatu yang biasa, harapannya untuk penyegaran. Mudah-mudahan dengan menempati posisi yang baru, semua anggota mampu meningkatkan kualitas sebagai anggota DPRD,” kata Abdul Rasyid di gedung DPRD Tangsel, Kamis (14/4/2022).

Pria yang akrab disapa Ocil ini mengungkapkan, penempatan anggota DPRD kedalam komposisi AKD yang baru itu juga berdasarkan pertimbangan dan usulan dari fraksi-fraksi di DPRD Kota Tangsel. Adapun perubahan susunan keanggotaan AKD tersebut, kata Ocil, meliputi keanggotaan Badan Musyawarah, Komisi, Banggar. Bapemperda dan Badan Kehormatan.

“Jadi rotasi AKD ini sudah sesuai mandat dari masing-masing fraksi. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan kualitas lembaga,” ujarnya.

Selanjutnya, Ocil bilang, anggota DPRD yang di rotasi tersebut agar segera menyusun program-program kerja AKD di sisa masa jabatan 2019-2024 mendatang.

“Intinya regulasi yang mengharuskan diadakannya rotasi AKD ini,” pungkas Ocil.

Pantauan saat berlangsungnya rapat AKD di ruang paripurna DPRD Kota Tangsel yang dibacakan Sekretaris DPRD, Wahyudi Leksono, ada beberapa pimpinan komisi yang di rotasi. Mulai dari pimpinan Komisi l hingga pimpinan Komisi lV.

Begitu juga AKD lainnya, seperti Badan Musyawarah, Badan Anggaran, Badan Pembuat Perundang-undangan Daerah (Bapemperda) dan Badan Kehormatan (BK) juga mengalami pergantian pimpinan. (Red)