Home Berita Papan Larangan Dicuekin, Sampah Menumpuk di sisi Jalan Raya AMD Timur Pandeglang

Papan Larangan Dicuekin, Sampah Menumpuk di sisi Jalan Raya AMD Timur Pandeglang

0

Sejumlah sampah menumpuk di sisi Jalan Raya AMD Timur Pandeglang, parahnya tumpukan sampah itu berdekatan dengan papan larangan membuang sampah di lokasi tersebut.

Meski sudah memiliki Perda Nomor 4 Tahun 2008 tentang Kebersihan dan Ketertiban (K3), dan Perda Nom kkor 4 tahun 2016 tentang Pengelolaan Sampah, dan Perbup Nomor 84 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Kebersihan, namun Pemerintah Kabupaten Pandeglang mengaku masih kesulitan untuk mengatasi masalah sampah.

Hal ini juga menjadi prihatin anggota Komisi 3 DPRD Kabupaten Pandeglang Dede Sumantri. Menurutnya kesadaran masyarakat atas K3 dinilai masih rendah.

“Memang benar kita merasa prihatin dengan masih banyaknya penumpukan sampah di jalan raya, padahal sudah jelas-jelas ada larangan dari intansi di wilayah itu. Jadi kita menilai kesadaran warga akan K3 masih rendah,” ungkapnya kepada Tangerangonline.id, kepada Tangerangonline.id, Sabtu (14/05/2022).

Menurut Dede, Pemkab Pandeglang telah mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) K3 yang harus terus disosialisasikan dan ditegakan pelaksanaannya, sehingga masyarakat benar-benar menyadari akan pentingnya K3 tersebut.

“Persoalan sampah memang cukup kompleks dan tanggungjawab kita bersama. Pol PP selaku penegak perda tidak diam jika melihat banyaknya penumpukan sampah tersebut di wilayah Pandeglang,” katanya.

Persoalan sampah jika tidak segera tidak diantisipasi akan menimbulkan sebuah persoalan besar bagi dilingkungan masyarakat.

“Penumpukan sampah juga akan tejadi di beberapa pasar, perumahan penduduk dan jalan-jalan raya yang tidak nyaman dipandang dan akan menimbulkan bau tidak sedap. Keberadaan perda harus ditegakan, sebagai upaya dan antisipasi bahaya sampah,” pungkasnya.

Salah satu pengendara motor Aldo mengatakan, tumpukan sampah yang tercecer tersebut sangat terlihat tidak indah di pandang selain itu menimbulkan bau sampah yang tak sedap.

“Oh iya di Jalan AMD Timur Pandeglang ini ada penumpukan dan ceceran sampah disebrang jalan terlihat tidak elok aja, bau nya juga tak sedap, padahal sudah jelas papan plang larangan tidak boleh buang sampah sembarangan,” kata Aldo kepada Tangerangonline.id di lokasi, Sabtu (14/04/2022).

Aldo berharap, kepada pihak terkait agar bisa mengatasi dengan kondisi sampah tersebut dan bisa terlihat lebih indah lagi.

“Yah mudah-mudahan ini bisa ditindak lanjuti oleh instansi terkait. Sehingga para pengendara motor dan lingkungan pun bisa lebih enak untuk dilihat,” harapnya. (Dan)