Home Bandara Begini Alur Keberangkatan Calon Jemaah Haji di Bandara Soetta

Begini Alur Keberangkatan Calon Jemaah Haji di Bandara Soetta

0
foto: Konter Imigrasi Kerajaan Arab Saudi di Terminal 2F Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. (tangerangonline.id/rmt)

Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) akan melayani keberangkatan calon jemaah Haji 2022 melalui Terminal 2F. Embarkasi dari Bandara Soetta adalah calon jemaah Haji yang berasal dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Lampung.

Untuk alur keberangkatan calon jemaah Haji tahun 2022 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Di mana, bus yang membawa calon jemaah Haji langsung menuju pelataran pesawat (apron) Terminal 2F.

Senior Manager of Branch Communication & Legal PT Angkasa Pura II Bandara Soetta mengatakan, untuk tahapan dan proses pemeriksaan barang bawaan, dokumen kesehatan dan dokumen keimigrasian dilakukan di Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi.

“Setelah semua selesai, termasuk Imigrasi, Bea Cukai ya, kemudian jemaah akan dibawa dengan bus ke Bandara Soekarno-Hatta. Di Soekarno-Hatta, akan melewati sisi udara yaitu apron Timur, akan tiba di T2F yang akan digunakan Terminal 2F (Gate) 6 dan 7,” kata Holik kepada tangerangonline.id di Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (3/6/2022).

Setelah tiba di Terminal 2F, seluruh calon jemaah Haji akan berkumpul di holding area untuk proses selanjutnya.

Di holding area yang berkapasitas kurang lebih 900 tempat duduk ini dilengkapi fasilitas pendukung seperti 15 unit portabel toilet, mushala perempuan dan mushala pria.

Foto: Holding Area Calon Jemaah Haji di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (tangerangonline.id/rmt)

“Di setiap koridor sudah kita siapkan fasilitas holding yang menampung sekitar 800-900 orang,” ujar Holik.

Selanjutnya, calon jemaah Haji akan melewati pemeriksaan dokumen keimigrasian oleh petugas Imigrasi Arab Saudi.

Di lokasi yang bersebalahan langsung dengan holding area ini disiapkan sebanyak 15 konter khusus Imigrasi Kerajaan Arab Saudi, 3 konter diantaranya khusus untuk calon jemaah haji yang menggunakan kursi roda.

“Kemudian di Bandara Soekarno-Hatta ada konsep Makkah Route. Di mana ada fasilitas free clearance dari Saudi Arabia. Sehingga menguntungkan jemaah tidak perlu lagi mengantre (saat tiba) di Bandara tujuan,” terang Holik.

Setelah selesai melakukan clearance keimigrasian oleh petugas Imigrasi Kerajaan Arab Saudi, para calon jemaah Haji akan menuju holding area kedua. Untuk mengakses lokasi kedua ini, calon jemaah haji dapat menggunakan tangga, escalator dan lift.

Selanjutnya para calon jemaah Haji dapat langsung menuju ke boarding lounge 6 dan 7 untuk menunggu waktu penerbangan.

“Setelah dilakukan pemeriksaan oleh Imigrasi Saudi di Bandara Soekarno-Hatta, maka penumpang akan menuju boarding lounge di 6 dan 7,” tutur Holik.

“Kami menambah jumlah tempat duduk baik di holding area mau pun di boarding lounge agar tidak ada calon jemaah Haji yang berdiri saat menunggu keberangkatan,” tambahnya.

Foto: Ruang Tunggu (Boarding Lounge) Gate 6-7 Terminal 2 F Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (tangerangonline.id/rmt)

Sekadar diketahui, sebanyak 29.000 calon jemaah Haji akan berangkat ke Tanah Suci melalui Bandara Soetta. Mereka terbagi menjadi 73 kelompok terbang (kloter).

Di Bandara Soetta, pemberangkatan calon jemaah Haji akan berlangsung mulai 4 Juni – 5 Juli 2022. Mereka diberangkatkan menggunakan dua maskapai yakni, Saudia Airlines dan Garuda Indonesia. (Rmt)