Home Berita Terminal Cadasari Terbengkalai, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang

Terminal Cadasari Terbengkalai, Pengamat: Perencanaan Tidak Matang

0

Terminal Cadasari yang tampak terbengkalai menuai sorotan. Kali ini dari Pengamat Pelayanan Publik, Ihin Solihin yang menilai Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang tidak matang dalam perencanaan pembangunan dan fungsi Terminal Cadasari.

“Menurut saya terminal itu terbengkalai, perencanaannya tidak matang. Seharusnya Dinas Perhubungan yang bertanggungjawab bagaimana mengoptimalkan terminal itu,” ungkapnya saat dihubungi tangerangonline.id, Jumat (25/6).

Ihin mengatakan, Terminal Cadasari yang merupakan aset milik daerah semestinya dapat dioptimalkan dengan baik, bukan mencari alasan seperti akibat jalan rusak.

“Bagaimana pengoptimalannya akses manfaat kepada publik itu yang harus jadi sorotan Pemerintah terhadap aset publik itu. Jangan karena jalan rusak atau vapingblok rusak dijadikan masalah, kalau dipakai angkutan umum yah gak apa-apa yang terpenting fungsi terminal optimal,” katanya.

Dosen STIA Banten ini pun mengutarakan, Dinas Perhubungan mesti mencari solusi agar terminal tersebut kembali aktif. Bila tidak, fungsi terminal itu bakal disalahgunakan.

“Artinya kalau terminal terbengkalai dibiarkan seperti itu, yah kalau seperti itu ada pihak-pihak tertentu yang bisa jadi dimanfaatkan seperti tempat nongkrong-nongkrong anak muda, warung liar, tempat nongkrong parkir mobil di malam hari, bisa juga jadi tempat kriminalitas, sehingga fungsi terminal itu tidak ada,” ujarnya.

Ia mengingatkan, Pemkab Pandeglang mesti gerak cepat memanfaatkan aset miliknya agar dapat menjadi potensi pemasukan untuk daerah.

“Saya berharap terminal Cadasari Pandeglang itu adanya pemanfaatan, sehingga bisa menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) selain itu terminal tersebut bisa berjalan sebagaimana fungsinya,” pungkasnya.